» » » Rusak Bertahun-Tahun, Dermaga Pelabuhan di Sumenep Tak Terawat

Kondisi Pelabuhan Dermaga Kalianget Sumenep | Istimewa
Madura, eMaritim.com - Dermaga I Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur kini kondisinya memprihatinkan. Buktinya, kondisi jembatan penumpang tampak miring, ujung dermaga terlihat ambruk, bahkan sudah tidak layak pakai. Tentu kondisi tersebut membahayakan keselamatan calon penumpang.

Padahal, Dermaga I Pelabuhan Kalianget ini sebagai tempat bersandar kapal yang melayani rute pelayaran Kalianget-Sapudi, Raas, Jangkar Situbondo, dan sebaliknya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Sostono mengakui jika dermaga tersebut memang tidak layak dimanfaatkan. Menurutnya, dermaga terpaksa dioperasikan karena tidak ada lagi sarana penyeberangan ke sejumlah pulau.

"Walaupun kondisinya seperti itu, kami tidak punya kewenangan untuk memperbaikinya. Karena statusnya milik Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumenep, Sustono, seperti dikutip liputan6.com.

Pihaknya hanya berjanji akan mengusulkan ke Kementerian Perhubungan RI, karena dermaga tersebut menjadi aset Dirjen Perhubungan Darat. Nanti Kementerian Perhubungan RI yang akan memperbaikinya.

"Sebenarnya sejak 2016 lalu, kami mengusulkan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk perbaikan Dermaga I. Begitu juga pada 2017 lalu sempat juga mempersentasekannya di Kemenhub," terangnya.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada tanda-tanda dalam waktu dekat akan segera diperbaiki. Sehingga bagi warga yang memanfaatkan dermaga tersebut agar berhati-hati. (*/beritamadura.co/Liputan6)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini