» » » Jelang Akhir Tahun, Pelabuhan Batam Kampanyekan Keselamatan Pelayaran

Ilustrasi
Jakarta, eMaritim.com  – Menjelang natal 2018 dan awal tahun 2019, Kantor Pelabuhan Kelas I  Batam menyelenggarakan Kampanye Keselamatan Pelayaran di Pelabuhan Batu Ampar Bintang 99 Batam, Rabu (5/12/2018).

Kampanye Keselamatan Pelayaran diantaranya dengan pemeriksaan keselamatan dan kelaikan kapal secara rutin, ramp check bagi kapal penumpang, pengujian pengembangan liferaft, sosialisasi pemakaian life jacket pada kapal penumpang serta penetapan alur pelayaran.

Selain itu, diisi dengan kegiatan simulasi pemadaman kapal kebakaran dan pertolongan korban yang jatuh ke laut serta demostrasi kampanye keselamatan pelayaran oleh kapal Pelayaran Rakyat (PELRA).

Kepala Kantor Pelabuhan Kelas I Batam, Capt, Barlet mengatakan Pelabuhan Batam merupakan salah satu pelabuhan yang vital bagi perekonomian Propinsi Kepulauan Riau.

Lokasinya yang strategis “head to head” dengan Pelabuhan Singapura dan berada di jalur Pelayaran Internasional Selat Singapura.

Dalam melaksanakan tugas pengawasan dan penegakan hukum di bidang pelayaran Capt Barlet  mengatakan Kantor Pelabuhan Batam tidak dapat bekerja sendiri  dan diperlukan kerjasama instansi dan stakeholder serta masyarakat maritim mutlak diperlukan agar terwujud zero accident di Pelabuhan Batam.

Dengan Kampanye Keselamatan Pelayaran akan dapat meningkatkan kesadaran seluruh pihak pemangku kepentingan (stakeholder) dunia pelayaran di Pelabuhan Batam, baik regulator, operator, maupun pengguna jasa transportasi laut.

Kampanye dengan mengambil tema “Keselamatan Pelayaran Menjadi Tanggung Jawab Kita Bersama” dibuka oleh Gubernur Kepulauan Riau dan dihadiri Ketua DPRD Batam, pemilik dan operator kapal penumpang, Asosiasi INSA, PELRA, APBMI, BIU-PIUNU, ASPESINDO, ISAA, BSOA, ALFI.

Hadir juga Pemilik dan operator Pelabuhan Umum dan Terminal Khusus (TERSUS) galangan kapal, Pemerintah Daerah Kota Batam, masyarakat maritim dan Lembaga Pendidikan Kemaritiman serta stakeholders terkait di kota Batam serta unsur instansi Kementerian Perhubungan.

Ketua Pelaksana Kampanye Keselamatan Pelayaran Capt. Oka Harry Putranto menambahkan perlu kerja keras meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran di wilayah Pelabuhan Batam sehingga berdampak positif bagi kinerja Pelabuhan Batam yang profesional, berdaya saing tinggi dan berstandar internasional

Oka menyebutkan dalam Kampanye tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada pegawai Kantor Pelabuhan Terbaik, Lembaga Pendidikan terbaik serta masyarakat maritim terbaik yang dalam hal ini diberikan kepada Nahkoda kapal MV. Gold Star. (*/poskotanews)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini