Kapal Muatan Gas Meledak di Dermaga Sungai Mahakam -->

Iklan Semua Halaman

Kapal Muatan Gas Meledak di Dermaga Sungai Mahakam

06 Februari 2019
Ilustrasi Kapal Meledak
Samarinda, eMairtim.com - Kapal Motor  mengangkut ratusan tabung elpiji meledak di Dermaga Sungai Mahakam, Jl KH Mas Mansyur, Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (5/2/2019) malam. Tiga orang dikhabarkan mengalami luka bakar serius.

Belum diketahui penyebab terjadinya ledakan, namun semburan api dan suara yang bersumber dari Kapal Motor "Amelia" mengagetkan warga sekitar.

Berapa saksi mengatakan, ledakan itu cukup keras hingga terdengar hingga lima kilo eter. Kepanikan sempat terjadi, bukan hanya warga sekitar dermaga tapi juga yang  ada di luar kompleks pelabuah.

Ledakan yang diikuti semburan api itu juga berimbas pada kapal yang ada di dekatnya. Beberapa saat setelah terjadi ledakan dua kapal motor tenggelam di kolam dermaga. Ledakan itu juga menyebabkan kerusakan parah ada beberapa sisi dermaga.

Kapal yang tengah besandar dan dijadwalkan segera bergerak meninggalkan dermaga berlayar menuju Biduk-biduk, Kabupaten Berau.

Tiga orang yang menjadi  korban ledakan dan sebagian besar tubuhnya mengalami luka bakar serius hingga kini masi dalam perawatan intensif di rumah sakit terdekat

Beruntungnya, saat ledakan besar itu erjai, situasi di dermaga tidak banyak aktivitas  bongkar muat. Para pekerja, telah meninggalkan kapal setelah melakkan muat barang.(*)