Ketua DPR RI : KKP dan Hubla Segera Sosialisasikan AIS untuk Kapal Ikan -->

Iklan Semua Halaman

Ketua DPR RI : KKP dan Hubla Segera Sosialisasikan AIS untuk Kapal Ikan

09 Agustus 2019
Istimewa
Jakarta, eMaritim.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Bambang Soesatyo  mendorong para pengusaha ikan yang memiliki kapal di atas GT 60 untuk segera memasang dan mengaktifkan Automatic Identification System (AIS), hal ini juga berguna untuk keselamatan pelayaran mereka di laut.

Hal itu disampaikan Bamsoet menanggapi pemberlakuan AIS di kapal-kapal yang berlayar di perairan Indonesia pada 20 Agustus 2019 sesuai Peraturan Menteri Perhubungan PM No. 7 Tahun 2019 2019 tentang Pemasangan dan Pengaktifan Sistem Identifikasi Otomatis (AIS) bagi Kapal yang Berlayar di wilayah Perairan Indonesia.

“Penggunaan AIS disyaratkan juga oleh regulasi internasional (IMO),” kata Bamsoet.

Terkait sosialisasi AIS, Bamsoet mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan Kemenhub untuk menyosialisasikan penggunaan AIS kepada para pelaku usaha perikanan, terutama di pelabuhan perikanan samudera dan pelabuhan perikanan nusantara yang menjadi tempat sandar kapal-kapal ukuran besar.

“KKP bersama Kemenhub melalui Direktorat Perhubungan Laut (Dithubla) agar melakukan pengecekan kesiapan alat dan teknologi guna memastikan alat (AIS) tersedia dan mudah diperoleh para pelaku usaha, serta operasionalisasinya di lapangan,” katanya.