Kapal KMP Terubuk Alami Kebocoran Lambung, Sleuruh Penumpang Selamat -->

Iklan Semua Halaman

Kapal KMP Terubuk Alami Kebocoran Lambung, Sleuruh Penumpang Selamat

03 Januari 2020
 
Ambon, eMaritim.com - Kapal penyeberangan KMP. Terubuk yang bertolak dari Pelabuhan Waipirit tujuan Hunimua Maluku mengalami musibah kebocoran saat baru berlayar sekitar 1.7 mil dari pelabuhan Waipirit Maluku  tadi malam, Kamis (2/1) pukul 19.10 WIT. Seluruh penumpang sebanyak 64 orang berhasil dievakuasi dengan selamat menggunakan sekoci kembali ke Pelabuhan Waipirit.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kairatu, Ikra Buamona usai memantau langsung proses evakuasi para penumpang kapal KMP. Terubuk milik PT. ASDP Indonesia tersebut hari ini (3/1).

"Kapal KMP. Terubuk berangkat lebih awal dari jadwalnya guna mengantisipasi cuaca buruk dan angin kencang di Pelabuhan Waipirit namun belum lama berlayar kapal tersebut mengalami kebocoran," jelas Ikra.

Mengetahui kapalnya mengalami kebocoran, Nakhoda kapal KMP. Terubuk mengambil keputusan untuk merubah arah mencari bibir pantai yang terdekat untuk menghindari resiko lebih besar dan pada pukul 20.00 WIT, kapal KMP. Terubuk kandas di pesisir Pantai Gemba kurang lebih 1 km dari pelabuhan Waipirit.

"Selanjutnya kami melakukan Evakuasi penumpang dari kapal menggunakan sekoci atau liferaft  yang ada di kapal dan Alhamdullilah 64 orang penumpang telah dievakuasi dengan selamat ke Dermaga Pelabuhan Waipirit," jelas Ikra.

Selain mengangkut penumpang sebanyak 64 orang, kapal KMP. Terubuk juga mengangkut kru kapal sebanyak 10 orang, kendaraan roda 2 sebanyak 19 unit, Roda 4 penumpang sebanyak 7 unit, roda 4 jenis kendaraan barang sebanyak 2 unit dan kendaraan Gol. V ( truk ) sebanyak 5 unit.

Adapun kru kapal masih sebanyak 10 orang masih berada di atas kapal. Sementara itu, Petugas UPP Kairatu masih bersiaga memantau dan memonitor kapal KMP. Terubuk serta menyebarkan informasi kepada kapal-kapal agar berhati-hati saat berlayar di dekat lokasi kejadian.

"Pagi ini kapal KMP. Terubuk bergerak dari posisi kandas menuju pelabuhan terdekat untuk menurunkan kendaraan yang ada di atas kapal sekaligus pengecekan kondisi kapal dan para penumpang diberangkatkan dengan kapal KMP. Inalika dan saat ini telah berangkat menuju Pelabuhan Hunimua. Kondisi para penumpang dalam keadaan sehat semua," tutup Ikra.