Negara Harus Manfaatkan dan Mengelola Sumber Daya Laut dan Kemaritiman -->

Iklan Semua Halaman

Negara Harus Manfaatkan dan Mengelola Sumber Daya Laut dan Kemaritiman

Pulo Lasman Simanjuntak
19 November 2014
Jakarta, e.Maritim.Com,-Kekuatan kita ada di laut dan samudera. Kita sudah lama melupakan itu sehingga tidak konsentrasi ke sana.

Indonesia dengan dua pertiga wilayah terdiri dari atas laut memiliki potensi besar untuk mengembangkan sektor kelautan. Negara diharapkan tidak lagi kehilangan momentum untuk memanfaatkan dan mengelola sumber daya laut dan kemaritiman.

Demikian dikatakan oleh Presiden Joko Widodo dalam acara Kompas100 CEO Forum bertema "Visi Presiden Membangun Indonesia Hebat;Kebijakan Ekonomi Nasional 2014-2019" yang diselenggarakan harian Kompas dan BNI di Jakarta, Jumat lalu (7/11/2014).

Menurut Presiden Jokowi, pasar ikan terbuka lebar untuk Indonesia yang memiliki sumber daya laut. Di sisi lain kebutuhan ikan dunia semakin tinggi dan terjadi kekurangan pasokan.

"Potensi besar kelautan dan perikanan selama ini belum mampu dinikmati karena pengelolaan yang tidak optimal. Potensi itu justru dimanfaatkan kapal asing yang menguras sumber daya ikan di perairan Indonesia," katanya.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan negara tidak hanya sangat dirugikan akibat pencurian ikan, tetapi juga memperoleh penerimaan yang rendah. Setiap tahun jumlah penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang diperoleh dari sektor perikanan hanya Rp 300 miliar.(pulo lasman simanjuntak)