» » » Jelang Natal dan Tahun Baru, Penumpang Kapal Laut yang Gunakan Armada PT.Pelni Naik 20 Persen

Palu, eMaritim.Com,-Penumpang kapal laut yang menggunakan armada milik PT Pelni diperkirakan naik 20% saat Natal 25 Desember 2014 dan Tahun Baru 1 Januari 2015 dibandingkan dengan hari biasa.

Pejabat pelaksana Kepala Cabang PT Pelni Sulawesi Tengah Abdullah Rasyid mengatakan pihaknya hanya menyediakan satu kapal untuk melayani penumpang tersebut. Dia mengatakan saat ini tinggal satu armada Pelni yang beroperasi menyinggahi dua pelabuhan di Sulteng yaitu Pantoloan (Palu) dan Pelabuhan Dede (Tolitoli).

“Kami hanya sediakan satu kapal saja,” katanya, Senin (8/12/2014) seperti disiarkan bisnis.com hari ini.

Meski hanya ada satu armada Pelni yang mengangkut penumpang dari dan tujuan Pelabuhan Pantoloan dan Tolitoli, Abdullah menjamin masih mampu mengatasi lonjakan arus penumpang pada hari raya dan juga musim liburan sekolah.

Lonjakan penumpang biasanya hanya terjadi saat menjelang Lebaran, Natal, Tahun Baru dan musim liburan sekolah. “Kalau hari-hari biasa, penumpang sangat sepi,” katanya.

Saat ini, hanya KM Dorolonda yang rutin menyinggahi Pelabuhan Pantoloan Palu dan Pelabuhan Dede di Kabupaten Tolitoli. Arus penumpang mudik Natal diprediksikan baru akan mengalami lonjakan pada pemberangkatan 19 Desember 2014 dengan tujuan Pantoloan-Tolitoli-Bitung-Ternate-Sorong dan Fak-Fak.

Sementara untuk pemberangkatan pada 12 Desember 2014 penumpang yang naik dari Pelabuhan Pantoloan Palu menuju Balikpapan-Surabaya dan Tanjung Priok belum mengalami peningkatan berarti.

KM Dorolonda merupakan salah satu dari sejumlah kapal penumpang milik PT Pelni yang mampu mengangkut sekitar 2.500 penumpang. Beberapa kapal Pelni yang selama ini pernah menyinggahi pelabuhan Pantoloan Palu adalah KM Umsini, KM Tidar, KM Kambuna dan KM Nggapulu.(lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini