» » » Menko Kemaritiman : Indonesia Baru Selesaikan 44 Persen Masalah Laut !

Jakarta,e.Maritim.Com,-Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia dan memiliki luas wilayah laut tiga kali lebih besar dari luas daratan.

Namun, luasnya laut memicu banyak permasalahan yang harus dihadapi. Khususnya, penangkapan ikan secara ilegal oleh asing di lautan Tanah Air.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, mengklaim Indonesia baru menyelesaikan sebanyak 44 persen masalah laut. Artinya, tersisa 56 persen permasalahan teritorial laut.

"Maka itu, dalam lima tahun, kita harus selesaikan sisa permasalahan laut yang sebanyak 56 persen tersebut. Kalau Menlu (Menteri Luar Negeri) mau bernegosiasi, kita sudah siap untuk membantu," ujarnya, di gedung Badan Pengkajian Penerapan Teknologi Jakarta, Senin, 29 Desember 2014.

Indroyono menegaskan, untuk fokus berdaulat di bidang maritim, Indonesia harus terlebih dahulu mengetahui batas-batas wilayah laut sendiri dengan penguatan hukum perjanjian maritim, pertahanan maritim, serta pembangunan wilayah maritim.

"Ini yang harus kita selesaikan. Karena, dengan negara-negara seperti Malaysia, Singapura, India dan Thailand kita masih belum selesai," lanjut Indroyono. (vivanews.com/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini