» » » Capt.Bobby Mamahit : Transportasi Laut Masih Jadi Primadona Masyarakat di Pinggiran Timur Indonesia

Jakarta,eMaritim.Com,-  Transportasil laut masih menjadi primadona bagi masyarakat di pinggiran Timur Indonesia, ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan Capt.Bobby Mamahit dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (6/1/2015), mengenai hasil evaluasi penyelenggaraan angkutan (transportasi) laut pada perayaan Natal 25 Desember 2014 dan Tahun Baru 1 Januari 2015.

Menurut Dirjen Perhubungan Laut, penyelenggaraan angkutan (transportasi) laut untuk  Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, secara umum dapat terlaksana dengan baik, dan lancar. 

Untuk semua moda angkutan (jalan, ASDP, KA, laut dan udara) mengalami kenaikan 9,98%  bila dibandingkan dengan perayaan  Natal 2013 dan Tahun Baru 2014.Hal ini terlihat pada evaluasi kenaikan jumlah penumpang,dari   11.792.704 menjadi 12.969.649 penumpang.

Khusus untuk moda angkutan Laut sendiri mengalami sedikit penurunan dibanding tahun lalu yaitu dari jumlah penumpang 717.671 menjadi 716.834  penumpang, atau minus 0,12%.Laporan ini beralasan hal ini disebabkan banyak penumpang lebih menggunakan kendaraan pribadi untuk jarak jauh,  memang tidak setinggi angkutan darat dan udara yang kenaikannya kisaran  10% - 15%.

Kejadian yang menonjol pada periode ini adalah kendala transportasi laut Dirjen Perhubungan Laut Capt. Bobby Mamahid berkomentar ada  sedikit kendala ditransportasi laut.
 “Untuk angkutan laut tentu kita melihat fenomenanya pada saat saat tertentu pada saat pemulangan TKI, dari Nunukan menuju NTT, yang bekerja diTawau,  Malaysia,lonjakan penumpang yang sangat signifikan dengan kapal Pelni Bukit Siguntang, dan ini sudah dikoordinasikan  dan bisa selamat sampai tujuan” ujarnya.

Hal ini menjadi pekerjaan rumah yang penting untuk Ditjen Perhuungan Laut agar lebih gencar dalam  menggugah para penumpang yang menggunakan transportasi laut supaya lebih baik dan lebih banyak peminatnya lagi di Periode Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.(mardiansyah)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini