» » Masih Banyak Kendala Untuk Meningkatkan Kualitas Garam

Jakarta,eMaritim.Com,-Beberapa hari yang lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyatakan bahwa target untuk swasembada garam di akhir tahun 2015. Namun hingga hari ini, Rabu 5 Januari 2015 masih ada beberapa kendala untuk meningkatkan kualitas garam.

Menurut Riyanto Basuki selaku Direktur Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pengembangan Usaha Kementerian Kelautan dan Perikanan, salah satu yang menjadi kendala yaitu kepemilikan lahan yang ada di Indonesia masih kurang.

Menurutnya jika di rata-ratakan perorang itu menguasai lahan garam 0,27 hektar dan angka tersebut masih belum begitu efisien untuk mandiri.
"proses penyatuan lahan itu cukup penting dalam rangka efisiensi".ujarnya
Selain itu musim kemarau di Indonesia saat ini tergolong pendek dengan rentang waktu 4-5 bulan, selama waktu itu petambak garam bisa memanen garam untuk di distribusikan selama 12 bulan secara merata dari tahun-ketahun.
HARGA
Harga untuk garam untuk  KP1 dengan KP2  tidak ada perbedaan yang signifikan, sehingga petambak kurang terpacu dalam memproduksi garam KP1 dengan kadar minimal NaCl 97%.
"kami sudah berkoordinasi dengan perdagangan didalam hal harga ini, bagaimana harga ini bisa distabilkan". tambah Riyanto.(sonny listyanto)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini