» » » Menteri PARNB : Cirebon Harus Jadi Poros Maritim Nusantara


Cirebon,eMaritim.Com,-Pada masa lalu, Cirebon pernah menggapai masa kejayaan di bidang kemaritiman. Hal tersebut harus menjadi penyemangat untuk mendorong kemajuan pembangunan kemaritiman di Cirebon sehingga memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat, terutama masyarakat pesisir pantai yang masih banyak berada dibawah garis kemiskinan di Cirebon
 
Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi dalam kunjungannya ke Pelabuhan Cirebon Senin petang (5/1/2015) Cirebon harus menjadi poros maritim  nusantara karena potensi ekonomi pelabuhan sangat besar, sehingga  harus diberdayakan secara optimal, baik dari kegiatan ekspor dan impor maupun dari jalur distribusi nasional.

“Belum lagi potensi wisata bahari yang bisa dimanfaatkan dengan adanya pelabuhan yang bertaraf internasional,” tambahnya seperti dikutip dari www.menpan.go.id.

Dalam kunjungan itu, Yuddy disambut oleh General Manager PT Pelindo II Cabang Cirebon, Hudadi Soerja Djanegara, yang membawa dan memjelaskan master plan pengembangan Pelabuhan Cirebon. Dia mengatakan, mulai bulan Juli 2015 akan dilakukan pengembangan Pelabuhan Cirebon seluas 50 Ha yang dilaksanakan dengan dukungan pendanaan dari Islamic Development Bank (IDB) sebesar Rp 1,2 trilyun.

Sebagai salah satu putra terbaik Cirebon, menteri Yuddy Chrisnandi langsung mengecek lokasi yang akan dikembangkan.  Dia menekankan agar pihak Pelabuhan Cirebon mengambil peluang dari terbatasnya daya tampung pelabuhan sekitar, seperti Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Tanjung Priok yang sudah overload atau over kapasitas dalam memenuhi tuntutan pertumbuhan ekonomi di sektor kemaritiman dan perhubungan.

Selain meminta jajaran PT. Pelindo untuk lebih sigap dan meningkatkan kinerja dalam bekerja, Menteri Yuddy mengajak serta segenap jajaran aparatur negara di Cirebon turut mendukung rencana pengembangan Pelabuhan demi kejayaan Cirebon sebagai salah satu poros maritim nusantara.(calon reporter/sonny listyanto)


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini