» » » Cuaca Buruk Ganggu Pelayaran Kapal , BMKG Rilis Prospek Cuaca Sampai Kamis 5 Februari 2015

Jakarta,eMaritim.Com,-
Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan rilis mengenai prospek cuaca mulai 30 Januari s/d kamis 5 Februari 2015 . Hal ini perlu diinformasikan karena belakangan ini cuaca buruk (ekstrem) masih sering menganggu arus pelayaran kapal-kapal baik di kawasan Indonesia Bagian Barat (IBB) dan Indonesia Bagian Timur (IBT).


 Berdasarkan keterangan yang diperoleh eMaritim.Com dari Pusat Meteorologi Publik BMKG di Jakarta, Kamis pagi (5/2/2015) menyebutkan antara lain ;

1. HASIL PANTAUAN SEBAGAI DASAR PERTIMBANGAN :
  1. Terdapat daerah Pusat Tekanan Rendah di Utara Australia (1002 hPa), membentuk daerah belokan angin di Kalimantan bagian Timur, Sulawesi Utara dan Papua bagian Barat. Daerah Pertemuan Angin di Laut Jawa bagian Utara, Laut Banda hingga Laut Arafuru. Suhu Muka Laut di wilayah perairan Indonesia umumnya berkisar antara 28.0 – 30.0 oC, Anomali Suhu Muka Laut positif (+0.5 - 1 0C) berada di wilayah Samudera Hindia barat Aceh, Perairan Singkawang, Laut Banda bagian Selatan, Perairan Kep.Kai, Perairan kep.Sangihe Talaud, Laut Arafuru, Perairan Raja Ampat, Samudera Pasifik Utara Papua.

  2. Angin gradien di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah Barat – Timur Laut. Kecepatan angin berkisar antara 05 – 55 km/jam dengan kecepatan angin tertinggi terjadi Laut China Selatan, Perairan Kep.Aru, Laut Arafuru bagian Timur, Perairan Yos Sudarso, Perairan Merauke.

  3. Hujan dengan intensitas sedang – lebat berpotensi terjadi di Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian Utara, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Tengah, Sulawesi Selatan, NTB, Papua bagian Tengah.
2. PROSPEK CUACA
  1. WILAYAH JABODETABEK

  2. 30 Januari 2015 - 01 Februari 2015
    02 - 05 Februari 2015
    Jakarta Umumnya berpotensi hujan ringan – sedang , potensi hujan lebat di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur Umumnya berpotensi hujan ringan – sedang terjadi pada siang/sore dan malam hari, berpotensi terjadi di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.
    Bogor Umumnya berawan dan hujan sedang - lebat pada siang/sore menjelang malam hari Umumnya berawan dan hujan ringan – sedang di wilayah Selatan terutama pada siang/sore menjelang malam hari.
    Tangerang Umumnya berpotensi hujan ringan – sedang terjadi pada siang/sore dan malam hari Umumnya berpotensi hujan ringan terjadi pada siang/sore dan malam hari.
    Bekasi Berpotensi hujan ringan - sedang terutama pada siang/sore dan malam Umumnya berpotensi hujan ringan terjadi pada siang/sore dan malam hari.
    Depok Umumnya berpotensi hujan ringan – sedang terjadi pada siang/sore dan malam hari. Umumnya berpotensi hujan ringan terjadi pada siang/sore dan malam hari.


  3. WILAYAH INDONESIA LAINYA
  4.  
    30 Januari 2015 - 01 Februari 2015
    02 - 05 Februari 2015
    Sumatera Umumnya berawan dan hujan ringan – sedang di wilayah Bangka Belitung, Sumatera Selatan dan Pesisir Barat Sumatera bagian Selatan. Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang – lebat di wilayah Pesisir Barat Sumatera dan wilayah Sumatera bagian Selatan.
    Kalimantan Umumnya berpotensi hujan ringan – sedang di wilayah Kalimantan bagian Tengah, Timur dan Selatan Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang – lebat di wilayah Kalimantan barat dan Kalimanatan Utara dan Kalimantan Selatan.
    Sulawesi Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang di wilayah Sulawesi bagian Tenggara dan Selatan Umumnya berawan dan hujan ringan di wilayah Sulawesi bagian Tengah dan Tenggara.
    Maluku Umumnya berawan dan hujan ringan, di wilayah Maluku bagian Tengah dan Selatan. Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang di wilayah Maluku bagian Utara.
    Papua Umumnya berawan dan hujan ringan, potensi hujan sedang – lebat di wilayah Papua bagian Tengah dan Selatan. Umumnya berawan dan hujan ringan di wilayah Papua bagian Barat, Tengah dan Timur.
    Jawa Umumnya berawan dan hujan ringan-sedang, potensi hujan lebat di wilayah, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian Utara dan sebagian Jawa Timur. Umumnya berawan dan hujan ringan-sedang, potensi hujan lebat di wilayah, Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian Selatan.
    Bali, NTT dan NTB Umumnya berawan dan hujan ringan – sedang di wilayah NTB Umumnya berawan dan hujan ringan di wilayah Bali dan NTT.
3. PERINGATAN DINI
Waspada pada hujan deras disertai kilat/petir dan angin kencang.
30 – 31 Januari 2015 : Kalimantan Tengah bagian Utara, Jawa Timur, Bali, NTB bagian Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua bagian Tengah. 1 – 2 Februari 2015 : Jawa Barat bagian Timur, Jawa Tengah bagian Utara, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Papua bagian Tengah. 3 – 5 Februari 2015 : Pesisir Barat Sumatera, Bengkulu, Lampung bagian Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian Selatan, Kalimantan Barat bagian Timur, Kalimantan Selatan.

4. CATATAN DAN KETERANGAN
Hujan ringan dengan intensitas ; 0,1-5,0 mm/jam atau 5-20 mm/hari
Hujan sedang dengan intensitas ; 5,0-10,0 mm/jam atau 20-50 mm/hari
Hujan lebat dengan intensitas ; 10,0-20 mm/jam atau 50-100 mm/hari
Hujan sangat lebat dengan intensitas ; >20 mm/jam atau >100 mm/hari (pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini