» » » Meningkatnya Permintaan di Kelas Ekonomi, PT.Pelni Terus Berkreasi dengan Renovasi Kapal Jadi Single Class



 Jakarta,eMaritim.Com,-Upaya perbaikan pelayanan terus dilakukan PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI). Meningkatnya permintaan di kelas ekonomi di beberapa rute kapal mendorong perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) transportasi laut ini terus berkreasi. Sentuhan terbaru pelni mulai merenovasi kapal menjadi single class.

Renovasi kapal menjadi single class dimulai ketika kapal masuk docking special. Selagi melakukan perbaikan menyeluruh, kamar-kamar kelas satu di kapal dirombak menjadi kelas ekonomi. 

Kapal Kelimutu menjadi kapal perdana yang dirombak menjadi satu kelas. Perombakan kamar kelas satu jadi kelas ekonomi dapat menambah kapasitas muat kelas ekonomi.

Untuk 1 kapal kelas ekonomi bertambah dari 1616 seat (tempat tidur) mendapat tambah 881 seat sehingga hampir mencapai 2.500 seat. Bila dilakukan untuk 10 kapal akan bertambah 8.810 seat. Penambahan kapasitas angkut 8810 seat bila dibandingkan dengan penambahan armada baru setara dengan menambah 4 armada tipe 2000 pax.

Harga sebuah kapal tipe 2000 berkisar Rp 1 triliun. Dengan perubahan single class terjadi penghematan/investasi Rp 4 Triliun. Selain berhemat perubahan single class juga melayakkan kapal dan melayakkan penumpang.

Perubahan dari multi class ke single class merupakan gagasan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan ketika diskusi dengan Direksi PT. PELNI di atas KM. Kelud, belum lama ini Hasilnya nyata, Pelni menjabarkan dengan inovasi dan kreatifitas tersebut bisa menghemat Rp 4 triliun.(press release/sonny listyanto)

 sumber foto : pelni.co.id
foto : ilustrasi Kapal Kelimutu yang menjadi kapal pertama yang dirombak menjadi single class



eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini