» » » Plt.Dirjen Migas : Optimis Penyerapan TKDN di Sektor Migas Ditingkatkan, Meskipun Harga Minyak Dunia Merosot


Jakarta, eMaritim.Com - Target nilai tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 65% ditahun 2015, target tersebut meningkat jika dibandingkan dengan nilai TKDN di tahun 2015 yang mencapai 54%.

 Pelaksana Tugas Direktur Jendral Minyak dan Gas (MIGAS) Kementerian Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja optimistis penyerapan TKDN di sektor migas mampu ditingkatkan walaupun diiringi merosotnya harga minyak dunia.

"Targetnya TKDN tahun ini meningkat 65% dari proyek-proyek tersebut, minimum 60%," katanya di kantor Ditjen Migas, Kuningan, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Dia berharap investor dalam negeri maupun luar negeri tidak menunda proyeknya, seperti proyek Indonesia Development Deepwater (IDD) dan Blok Masela. Proyek-proyek besar tersebut sangat berpengaruh terhadap peningkatan TKDN. 

Dengan demikian, proyek tersebut akan tetap dilanjutkan dengan meningkatkan pengadaan barang dan jasa dari dalam negeri

Wiratmaja mengungkapkan jika ada perusahaan minyak yang nilai TKDN lebih dari 60% lebih akan mendapat insentif dari pemerintah.

“Tentu kita akan berikan berbagai insentif bagi perusahaan minyak yang menggunakan produk dalam negeri. Apabila dalam proyek, misalnya eksplorasi sumur minyak, tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 60% lebih, salah satu insentifnya seperti penundaan pembayaran pajak,” jelasnya

Penundaan pembayaran pajak lazim disebut tax holiday. Pemerintah memberikan keringanan berupa penundaan pembayaran Pajak Penghasilan (PPh) dalam waktu tertentu.

 Namun, Wiratmaja tidak menyebutkan berapa tahun tax holiday yang akan diberikan kepada perusahaan minyak.(sonny listyanto)
sumber foto :tribunnews.com



eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini