» » » Menko Bidang Kemaritiman : Indonesia Jadi Poros Maritim tidak Berhasil Tanpa Kesiapan SDM

Menko Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo membuka pelatihan dalam rangka akselerasi sertifikasi kompetensi masyarakat kelautan dan perikanan, Jumat (6/3/2015) di Balai Pendidikan dan Pelatihan (BPP) Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto : Humas Kemenko Bidang Kemaritiman/KKP/eMaritim.Com)

Banyuwangi, eMaritim.Com,-‎Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo menegaskan niat Indonesia menjadi poros maritim tidak akan berhasil tanpa kesiapan sumber daya manusia.

Menurutnya, sumber daya manusia (SDM) kemaritiman yang dimiliki Indonesia tidak cukup hanya berwawasan nasional, tetapi harus menguasai konsep kemaritiman internasional juga.

"SDM kemaritiman dalam negeri harus semuanya bisa Bahasa Inggris karena dunia maritim berstandar internasional," ujarnya dalam kunjungan kerja di Banyuwangi, Jumat (6/3/2015).

Dia menegaskan sangat mendukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan mengembangkan balai diklat, politeknik, serta sekolah menengah kejuruan (SMK) kemaritiman.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) Suseno Sukoyono menambahkan untuk menghasilkan SDM andal, pihaknya secara berkelanjutan melalui kegiatan pelatihan, pendidikan, dan penyuluhan.

Saat ini tercatat 167 SMK yang menyelenggarakan studi kelautan dan perikanan. Adapun di bidang pelatihan berbasis kompetensi ditangani oleh 6 balai Diklat di Medan, Tegal, Banyuwangi, Bitung, Ambon, dan Sukamandi. Pada 2014, telah dilatih sebanyak 18.014 orang dan tahun ini ditargetkan mencapai 25.200 orang.

Menurutnya, upaya itu demi memenuhi kebutuhan serta kompetensi SDM bidang perikanan dan kelautan di Indonesia menjadi lebih baik.

"Kami komit meningkatkan kualitas SDM yang ada apalagi akan ada pasar bebas Asean," tuturnya di lokasi sama.(bisnis.com/pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini