» » » Pelabuhan Sunda Kelapa Masih Tetap Eksis,

Jakarta, eMaritim.Com – Pelabuhan Sunda Kelapa dahulu sewaktu masa kerajaan Pajajaran merupakan pelabuhan yang ramai dikunjungi oleh kapal-kapal mancanegara. Namun, kini, pelabuhan yang terletak di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara tersebut hanya didominasi oleh kapal-kapal dagang lokal.

Berdasarkan data yang diperoleh eMaritim.Com, Kamis (5/3/2015) pada  2014 rata-rata per bulan kapal lokal yang berlabuh di pelabuhan tersebut kurang lebih  200 kunjungan kapal lokal. Itu menunjukan Pelabuhan Sunda Kelapa masih tetap eksis sebagai pelabuhan perdagangan yang sibuk. 

Bahkan untuk pengunjung, hampir setiap hari selalu ada pengunjung untuk mengunjungi pelabuhan yang merupakan cikal-bakal kota Jakarta.

“Kalau turis itu setiap hari pasti ada,” kata Bagus,  dari Humas Pelindo II cabang Pelabuhan Sunda Kelapa saat ditemui eMaritim.Com di kantornya di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Walaupun masih termasuk dalam pelabuhan yang cukup sibuk, namun untuk pembangunan tetap berlangsung walau hanya perbaikan pelabuhan.

“Saat ini pembangunan hanya penataan-penataan untuk perbaikan pelabuhan,” tambahnya.

Walaupun Pelabuhan Sunda Kelapa tidak termasuk ke dalam 24 pelabuhan yang direncanakan dibangun proyek tol laut oleh Presiden Joko Widodo. Namun, pelabuhan ini tetap akan mengikuti segala arahan pemerintah.(sonny listyanto)


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini