» » » Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, Tingkatkan Kualitas Pelayanan Mengacu pada Budaya Perusahaan

Surabaya,eMaritim.Com,- PT Pelabuhan Indonesian III (Persero) atau Pelindo III tak henti-hentinya memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna jasanya. Salah satunya yakni pada Pelindo III Cabang Tanjung Perak dengan mottonya “Selalu Terdepan” yang telah ditetapkan pada Tahun 2014 lalu. 

Pelabuhan Tanjung Perak meningkatkan pelayanan dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang mengacu pada budaya perusahaan yaitu Customer Focus, Care, dan Integrity terhadap pengguna jasa.

Berbagai bentuk pelayanan pada pengguna jasa di antaranya yaitu adanya Property Corner, berupa kantor kecil di tengah-tengah pemukiman warga di sekitar Tanjung Perak agar lebih mudah dalam pengurusan dokumen property. Kemudian juga ada Kalimas Corner, berupa pusat pelayanan dokumen khusus untuk kapal-kapal yang akan melakukan kegiatan di Terminal Kalimas.

 Pengerukan Kolam Kalimas juga sudah dikerjakan untuk memperdalam kolam Terminal Kalimas dan meningkatkan kapasitas Terminal Kalimas. Pelindo III juga melakukan penataan zona labuh.

Terkait penanganan kapal pesiar, tamu cruise Seaborn Oddysey dan Nippon Maru disambut dengan pameran miniatur Wonderful East Java untuk sebagai sarana promosi budaya Jawa Timur untuk menarik kunjungan turis asing yang datang dengan kapal pesiar. Pameran ini dihelat di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara yang telah di-soft launching.

Untuk meningkatkan standar pelayanan bongkar muat terlah dibentuk Satuan Foreman Khusus (SATFORSUS). Pengawas dan Petugas Lapangan Ketertiban, Kebersihan, Keamanan, Keselamatan, dan Kesehatan Kerja (K6L) yang dilaksanakan setiap hari jumat bertujuan untuk menjaga lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak agar tetap bersih, aman dan nyaman.

Menurut Dhany Rachmad Agustian, Kahumas Pelindo III Tanjung Perak seperti dikutip dari press release www.pelindo.co.id, Jumat pagi (27/3/2015), untuk menjadi pelabuhan yang selalu terdepan dibandingkan dengan pelabuhan lainnnya di Indonesia, beberapa hal memang masih terus diperbaiki.

 “Dalam rangka menjadi “selalu terdepan”, di tahun 2015 ini kami menyiapkan beberapa rencana guna meningkatkan pelayanan yaitu pembangunan Gate Terminal Jamrud, pemasangan 2 unit elektrik CC di Nilam Multipurpose di semester I tahun 2015 serta pembangunan Power House. Selain itu juga akan dilakukan pengembangan 2 unit gudang di Terminal Jamrud yang lebih besar dan modern,” jelasnya.

Tak ketinggalan untuk penataan Terminal Kalimas sedang dikaji pembangunan portal sungai Kalimas untuk mengatur kapal keluar dan masuk ke Terminal Kalimas agar tidak terjadi stagnasi serta macetnya alur di Sungai Kalimas, ujar Dhany menambahkan.

Langkah untuk membuat Pelabuhan Tanjung Perak sebagai pelabuhan yang ramah lingkungan serta pemandangan yang asri, maka akan dilakukan juga penataan taman yang ada dilingkungan Pelabuhan Tanjung Perak sebagai wujud pelabuhan bersih dan hijau.(pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini