» » » Pemerintah Sudah Siap Jadi Pemegang Saham Mayoritas Sumur Migas Blok Mahakam

Jakarta,eMaritim.Com,- Pemerintah menilai PT Pertamina (Persero) sudah siap menjadi pemegang saham mayoritas sumur Migas Blok Mahakam, Kalimantan Timur. Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil usai rapat bersama Pertamina dan beberapa menteri terkait Blok Mahakam.

"Kami tadi mendengarkan rapat persentasi Pertamina, tentang blok mahakam. Dari persentasi pertamina, kami punya keyakinan Pertamina siap jadi pemegang saham mayoritas Blok Mahakam," ujar Sofyan di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Sabtu (7/3/2015) seperti dikutip dari Kompas.Com, Minggu pagi (8/3/2015).

Blok Mahakam di Kalimantan Timur merupakan blok migas yang saat ini dikuasai oleh Total E&P Indonesie. Kontrak pengelolaan Blok Mahakam oleh Total akan berakhir pada 2017 nanti.

Saat ini, lanjut Sofyan, pemerintah akan fokus pada penerimaan negara dan produktivitas sedari Blok Mahakam. Satu hal lagi yang dinilai penting yaitu tentang transfer teknologi saat kontrak dengan Total selesai. Terkait hal itu, Pertamina akan melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan Total.

"Tapi kami enggak ambil keputusan hari ini. Karena harus dilaporkan dan ditindaklanjuti Presiden," kata dia.

Saat ditanya apakah pemerintah sangat yakin dengan kemampuan Pertamina mengelola, Sofyan menjawab tegas. Dia mengatakan Pertamina sudah memiliki kemampuan yang cukup untuk mengelola Blok Mahakam.

Sebelumnya, lima menteri ekonomi Kabinet Kerja Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) mengikuti rapat soal pengambilalihan Blok Mahakam. Kelima menteri tersebut yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri ESDM Sudirman Said, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. Selain kelima menteri tersebut, hadir pula Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto.(pulo lasman simanjuntak)


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini