» » » Hari Ini, 14 April Tahun 1912 Lalu, Kapal Titanic Tabrak Gunung Es di Samudera Atlantik

Jakarta,eMaritim.Com,- Pada 14 April   tahun 1912 lalu ( hari ini, Selasa, 14 April 2015-red) Kapal Titanic yang melakukan pelayaran perdananya menabrak gunung es di Samudera Atlantik. RMS Titanic sebagai kapal uap berpenumpang terbesar di dunia itu kemudian tenggelam.

Kapal Titanic yang berlayar untuk mengawali perjalanan trans-Atlantik milik White Star Line. Kapal ini dibangun pada tahun 1909 sampai 1911 oleh galangan kapal Harland and Wolff di Belfast.

Tabrakan Titanic dengan gunung es terjadi pada hari Minggu menjelang pergantian hari dan tenggelam sekitar tiga jam kemudian. Tercatat 1.514 orang tewas akibat bencana ini.


Para penumpang terdiri dari sejumlah orang terkaya di dunia, dan lebih dari seribu imigran dari Britania Raya, Irlandia, Skandinavia, dan negara-negara lain yang mencari kehidupan baru di Amerika Utara.

Musibah tenggelamnya kapal Titanic disebut sebagai bencana laut terburuk semasa zaman dalam sejarah

Perjalanan transAtlantik

RMS Titanic merupakan kapal kedua dari tiga kapal penumpang super yang bertujuan mengawali perniagaan perjalanan transAtlantik.

Titanic merupakan kapal penumpang milik White Star Line, dibangun di galangan kapal Harland and Wolff di Belfast, Irlandia Utara, didesain untuk menyaingi Lusitania dan Mauretania milik Cunard Line.

Pada masa peluncurannya, Titanic merupakan jenis kapal uap penumpang terbesar di dunia. Saat pelayaran perdananya, Titanic menabrak gunung es pada 14 April 1912 pukul 23.40 (waktu kapal) dan tenggelam sekitar 2 jam kemudian.

Peristiwa itu mengakibatkan lebih dari 1.500 orang tewas sehingga menjadikannya sebagai bencana laut terburuk semasa sejarah. Padahal, Titanic dilengkapi dengan teknologi paling maju pada masa itu dan dipercaya tidak mungkin tenggelam.

Hampir 2 jam setelah Titanic tenggelam, RMS Carpathia tiba di lokasi kejadian dan menyelamatkan mereka yang masih dapat bertahan hidup.

Sekitar 700 orang yang selamat kebanyakan ialah wanita dan anak-anak. Sejumlah warga AS dan Inggris yang terpandang turut menjadi korban.


(tempo.co/mediaindonesia/lasman simanjuntak)


Teks Foto : 
Kapal Titanic pada saat dibangun pada 1909 sampai 1911 oleh galangan kapal Harland and Wolff di Belfast. Foto ini aslinya hitam putih, oleh editor foto Russia Anton Logvynenko diberi warna. dailymail.co.uk



eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini