» » » Menhub : Penumpang Kapal Laut Sudah Tertinggal dengan Transportasi Lain

Banjarmasin,eMaritim.Com Terminal penumpang Bandarmasih Banjarmasin menjadi tujuan kunjungan kerja Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ignasius Jonan. Kunjungan ini bertujuan mengecek kesiapan arus mudik dan balik  Lebaran 1436 H di Terminal Penumpang Bandarmasih.

 General Manager Hengki Jajang Herasmana juga ikut turun langsung ke lapangan beserta gubernur Kalimantan Selatan Rudi Arifin, Kapolda Kalimantan Selatan, Danlanal Banjarmasin ,Danlanud Sjamsudin Noor, Dandim 1007 Banjarmasin, Kapolresta Banjarmasin, Kepala KSOP dan Kepala Basarnas Banjarmasin.

Dalam Kunjungan kerja di Banjarmasin Jonan meninjau kesiapan Terminal Penumpang Bandarmasih terutama dalam mengantisipasi penumpukan penumpang. Banyak calon penumpang yang belum mendapatkan tiket baik keberangkatan dari Banjarmasin ataupun sebaliknya.

 Penumpukan penumpang merupakan salah satu dampak adanya pembatasan jumlah penumpang yang akan naik ke kapal, tentunya ini berdasarkan pada penilaian kelayakan kapal yang terkadang melebihi kapasitas normal. Selain itu juga adanya sistem pembelian tiket yang masih kurang efektif di sebagian terminal penumpang pelabuhan.

“Penumpang untuk kapal laut sudah tertinggal dengan transportasi lain. Akan diadakan evaluasi secara keseluruhan baik dari operator kapal maupun pihak pelayaran ataupun penyedia kapal. Selain itu pemerintah akan meminta semua operator angkutan kapal penumpang di pelabuhan untuk pemesanan tiket harus menggunakan sistem IT maupun Online dan dapat dibeli di agen atau langsung dari gadget pribadi melalui jaringan internet”, ujar Jonan seperti dikutip dari www.pelindo.co.id, Kamis pagi (23/7/2015).

Sekitar 100 orang penumpang masih mencari tiket untuk mudik pulang ke kampung halaman, hal tersebut dikarenakan penumpang tidak memiliki tiket untuk pulang mudik lebaran. Jonan akan melakukan Pembenahan pasca Idul Fitri terutama dalam sistem tiket karena akan sangat membantu bagi calon penumpang. Pemesanan tiket Penumpang kapal secara online akan memudahkan calon penumpang dalam mengkondisikan diri pribadi atau keluarganya dan dapat menghilangkan “calo tiket” yang berada di Terminal Penumpang Pelabuhan.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Banjarmasin Hengki jajang Herasmana juga terus mengecek kesiapan arus mudik di terminal penumpang.

 ”Untuk mengantisipasi jumlah pemudik di Terminal Penumpang Bandarmasih, penumpang yang menggunakan KRI yang bekerjasama dengan Pelni akan diberangkatkan pada malam hari tanggal 15 juli 2015 sekitar pukul 20.00 WITA. Sedangkan untuk untuk tanggal 16 juli 2015 disediakan dua buah kapal yaitu Kirana 9 dan Satya Kencana 3” kata Hengki. Setelah kunjungan ke Pelindo III Cabang Banjarmasin Menteri Perhubungan Ignatius Jonan melanjutkan kunjungan kerja ke Balikpapan, Kalimantan Timur.(pulo lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini