TNI AL Tangkap Penjarah Ikan di Laut Natuna -->

Iklan Semua Halaman

TNI AL Tangkap Penjarah Ikan di Laut Natuna

Pulo Lasman Simanjuntak
27 Juli 2015
Batam, eMaritim.Com,-Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) kembali menangkap penjarah ikan di Laut Natuna,Kepulauan Riau.Pernjarah yang menggunakan dua kapal berbendera Vietnam itu ditangkap pada Jumat malam (24/7/2O15).

Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Barat Laksamana Pertama TNSB Hutabarat menyebutkan, dua kapal itu ditangkap KRI Clurit."Keduanya ditangkap di timur laut Ranai (Natuna),"ujarnya ketika dihubungi Sabtu (25/7/2O15) dari Batam, Kepulauan Riau, seperti diberitakan HU.Kompas (Minggu, 26 Juli 2O15).

KRI Clurit sedang berpatroli untuk pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).Di tengah patroli, awak KRI Clurit melihat ada dua kapal mencurigakan.Setelah didekati dan diperiksa, awak KRI Clurit lalu menangkap kapal bernama Kurnia O9. BV9796 TS dan Kurnia 1O BV99868 TS tersebut.

Untuk penindakan lebih lanjut, kedua kapal itu digiring ke Pos TNI AL Sabang Mawang di Natuna.Penyidik akan memeriksa nakhoda dan para awak kapal tersebut.
Penangkapan kapal Vietnam di Laut Natuna merupakan kedua dalam bulan ini.Sebelumnya KRI Teuku Umar juga menangkap kapal-kapal Vietnam yang sedang menjarah ikan di perairan Indonesia.(lasman simanjuntak)