» » » Taman Vertikal Sejukan Pelabuhan Tanjung Perak


Surabaya,eMaritim.Com,-Setelah sukses mengusung tema green building untuk Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, kini PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) juga menerapkan konsep green office dengan membangun taman vertikal pada dinding depan Kantor Pelindo III Cabang Tanjung Perak.

Pemilihan lokasi taman vertikal yang berada tepat di sebelah pintu masuk utama kantor Pelindo III Cabang Tanjung Perak  untuk memberikan nuansa sejuk dan asri kepada setiap karyawan maupun pengunjung yang datang ke kantor Pelindo III Cabang Tanjung Perak.

Taman vertikal  dikombinasikan dengan logo letter galvanis di depan kantor Pelindo III Cabang Tanjung Perak ini merupakan yang pertama dibangun di Surabaya dan Jawa Timur.  Dengan ketinggian taman yang mencapai kurang lebih 10m, pekerjaan penyiraman tidak efektif dilakukan secara manual, oleh karena itu semua sistem operasional dan perawatan taman vertikal, mulai irigasi penyiraman hingga waktu menyalakan dan mematikan lampu LED dilakukan oleh suatu system panel elektrik yang bekerja secara otomatis.

Dhany Rahmad Agustian, Kahumas Pelindo III Cabang Tanjung Perak menuturkan bahwa konsep taman vertikal juga untuk mendukung program green port  di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak. 

“Seperti kita ketahui, bahwa lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak  sudah terkenal  dengan penghijauannya, pohon-pohon tinggi dan rindang sepanjang jalan Perak Timur dan Perak Barat adalah upaya kami dalam menanggulangi degradasi dan meningkatkan kualitas lingkungan yang asri dan sehat”, ungkapnya.

Selain itu, manfaat penghijauan antara lain, menambah estetika lingkungan, menciptakan keindahan atau suasana yang nyaman. Manfaat lainnya, tanaman-tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Dengan demikian banyaknya kelompok pohon-pohon akan menjadikan daerah sebagai daerah persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi  manusia dan makhluk lainnya.

Dengan banyaknya penghijauan dan pohon di lingkungan pelabuhan, pohon juga berfungsi untuk menurunkan suhu setempat, sehingga udara di sekitarnya menjadi sejuk dan nyaman. Jadi secara klimatologis kehadiran kelompok pohon-pohon pelindung sangat besar artinya, selain untuk tempat hidupnya satwa-satwa seperti burung, juga memiliki manfaat protektif karena pohon dapat memberikan perlindungan, terhadap teriknya sinar matahari, angin kencang, penahan debu, serta peredam suara, juga berfungsi melindungi mata dari cahaya silau.

“Lingkungan yang baik adalah yang seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam. Kelompok pohon atau tanaman, air, dan binatang adalah bagian dari alam yang dapat memberikan keseimbangan lingkungan, “ tambah Dhany.

Diharapkan dengan konsep eco green port, penghijauan, penambahan taman dan pohon pada siang hari dapat menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat diperlukan manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran.

Secara bertahap pembenahan terutama penghijauan akan segera dilakukan terhadap seluruh gedung operasional di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak, terbukti yang sedang dilakukan adalah penghijauan median jalan di jalan Perak Barat - Timur.

Ke depan, konsep green office tidak hanya diaplikasikan di kantor Pelindo III Cabang Tanjung Perak, tapi dikembangkan ke seluruh kantor-kantor Pelindo III dan anak usahanya. Sehingga panasnya udara pelabuhan, akan beralih terasa sejuk dan asri ketika memasuki gedung kantor Pelindo III dimanapun berada.(press release/www.pelindo.co.id/lasman simanjuntak)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini