» » Amankan Perayaan Paskah Larantuka, Kemenhub Kerahkan Sembilan Unit Armada Kapal Negara

Larantuka, eMaritim.com - Perayaan Paskah di Larantuka menjadi event besar yang setiap tahun digelar oleh masyarakat sekitar yang tidak hanya diperingati secara keagamaan dengan misa, tetapi juga dengan ritual peninggalan budaya nenek moyang yang mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang ingin menyaksikan langsung prosesi sakral tersebut (Semana Santa). Untuk itu, dalam rangka mendukung pelaksanaan Paskah di Larantuka, Kementerian Perhubungan ikut berkontribusi memberikan pengamanan dan pelayanan transportasi laut kepada masyarakat Larantuka dengan mengerahkan 9 (sembilan) unit armada kapal negara yang terdiri dari:

1) 3 (tiga) unitKapal Kenavigasian

-KN. Bimasakti Utama dari Distrik Navigasi Surabaya

-KN. Mizan dari Distrik Navigasi Benoa

-KN. Mina dan Distprik Navigasi Kupang

2) 6 (enam) unit Kapal Patroli KPLP

-KN. Alugara dari Pangkalan PLP Tanjung Priok

-KN. Gandiwa dari Pangkalan PLP Bitung

-KN. Pasatimpo dari Pangkalan PLP Bitung

-KN. Chundamanik dari Pangkalan PLP Surabaya

-KN, Grantin dari Pangkalan PLP Surabaya

-KN. Kalawai dari Pangkalan PLP Tual

"Diharapkan dengan keberadaan kapal-kapal tersebut dapat semakin mempermudah mobilitas masyarakat Larantuka yang akan menggunakan transportasi laut sekaligus mengamankan wilayah perairan selama kegiatan Paskah di Larantuka" kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Karolus G. Sengadji ketika memberikan sambutan pada acara Sosialisasi dan Pameran Keselamatan dalam rangka Kampanye Keselamatan Pelayaran yang dilaksanakan di Pelabuhan Larantuka pada tanggal 21-22 Maret 2016.

Kegiatan Kampanye Keselamatan Pelayaran Tahun 2016 yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini diisi dengan acara Sosialisasi Regulasi di Bidang Keselamatan dan Keamanan Pelayaran dengan narasumber yang berasal dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, Direktorat Kenavigasian, Direktorat Penjagaan Laut dan Pantai serta Mahkamah Pelayaran. Sedangkan pada hari kedua akan dilaksanakan pameran keselamatan yang menyajikan berbagai benda pamer yang berada di atas Kapal Negara Kenavigasian dan Kapal Patroli KPLP sekaligus peragaan pemakaian peralatan keselamatan sehingga para penumpang yang sedang berada di Pelabuhan Larantuka dapat lebih mengetahui bagaimana prosedur keselamatan pelayaran yang seharusnya dilakukan.

Kegiatan Kampanye Keselamatan Pelayaran merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan untuk mengingatkan kembali kepada seluruh pihak pemangku kepentingan (stakeholder) bahwa keselamatan pelayaran merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab Pemerintah sebagai Regulator tetapi juga merupakan tanggung jawab Operator dan seluruh masyarakat pengguna jasa transportasi laut atau User. (Dephub.go.id / Rhp)

 

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini