» » » Rencana Pemkab Merauke Bangun Pelabuhan Samudera

Merauke, eMaritim.com –  Pemerintah Kabupaten Merauke berencana membangun pelabuhan samudera, untuk menampung kapasitas di pelabuhan eksisting yang mengalami peningkatan kedepannya nanti.

Bupati Merauke Frederikus Gebze mengatakan, rencana pembangunan itu kemungkinan bisa direalisasikan, tetapi nanti pada 10 atau 20 tahun mendatang jika kapasitas di pelabuhan eksisting kian mengalami pertumbuhan.

"Apalagi, jika melihat kondisi tanah di wilayah Merauke memang miring, rendah dan datar. Sehingga, ada kemungkinan memang untuk membangun pelabuhan samudera di Merauke, tapi itu nanti 10 atau 20 tahun mendatang dengan melihat kapasitas pertumbuhan yang ada," kata Frederikus usai bertemu direksi PT Pelindo IV (Persero) di Makassar, akhir pekan lalu.  

Menurutnya juga, jika ingin membangun sebuah dermaga yang langsung ke perairan, pihaknya harus mengantongi feasibility study yang komprehensif sebab menyangkut kedalaman, lumpur, kemudian angin dan juga wilayah karena harus dilihat di mana tempat yang layak dan cocok.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Nur Sukmanadjati mengeluhkan kondisi laut di sekitar Pelabuhan Merauke saat ini yang selalu mengalami masalah pasang surut.

"Hal itu sering menjadi masalah, sehingga kerja kapal selalu terburu-buru," ungkapnya.

Masalah lain juga menurutnya, kali yang ada di Merauke, Amdal-nya bukan bertambah baik tetapi malah bertambah buruk. Kekentalan lumpurnya semakin bertambah.

"Yang ketiga, di Merauke masalah terbesar juga adalah perairannya. Sehingga, diharapkan kedepan Pemkab Merauke bisa membangun pelabuhan samudera di laut," harapnya. (Pelindo 4 / Rhp)

 

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini