» » » Kunjungan Walikota Dumai ke DPP INSA



Jakarta 9 September 2016, emaritim.com

Walikota Dumai Zulkifli AS pada tanggal 8 September 2016 melakukan kunjungan ke DPP INSA jalan Tanah Abang 3 nomor 10 Jakarta Pusat.
Didampingi Ketua DPC INSA Dumai Herman Buchori,Wakil Ketua DPC INSA Elan Herlambang dan Sekretaris DPC INSA Idham Halid rombongan tersebut disambut hangat oleh Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto,Sekum INSA Budhi Halim,Waketum Soeharijo Sangat dan Ketua bidang Pengembangan SDM Lisda Yulianti beserta jajaran pengurus lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Zulkifli menuturkan:"Pemerintah Kota Dumai akan menjalin kerjasama dengan stakeholder bidang kemaritiman yakni  Indonesian National Shipowners' Association (INSA) untuk menggali potensi maritim yang ada di Dumai khususnya di sektor pelayaran. Dumai cukup strategis berada di jalur pelayaran paling sibuk di Indonesia. Dengan begitu, Dumai memiliki potensi pertumbuhan ekonomi dari bidang kelautan. Pelabuhan di Dumai pun berpotensi untuk mendukung program kemaritiman yang digagas oleh Presiden Joko Widodo, Kamipun ingin membangun sekolah maritim di Dumai lanjutnya".

Menurut Zulkifli, sumber daya manusia (sdm) dibidang maritim yang berkualitas sangat diperlukan mengingat posisi Dumai yang terletak di tepi pantai timur Pulau Sumatera dan memiliki pelabuhan yang cukup besar. Untuk menciptakan SDM yang berkualitas tersebut, maka dibutuhkan sekolah atau lembaga pendidikan pelayaran di Dumai.
"Kita meyakinkan pemerintah pusat bahwa kehadiran sekolah pelayaran di Dumai sudah sangat mendesak. Tentunya kita juga minta masukan dari INSA terkait hal ini," ujarnya.

Sekretaris Umum INSA Budhi Halim merespon positif rencana Walikota Dumai menggandeng INSA untuk menggali potensi maritim di wilayah Dumai. Menurut Budhi Halim, pembangunan sekolah atau lembaga pendidikan pelayaran jangan terfokus di kota-kota besar, tetapi juga harus merata hingga kota-kota kecil. "Mendirikan sekolah (pelayaran) menurut saya adalah ide yang baik," ungkap Budhi.
Budhi mengungkapkan, alokasi dana subsidi yang digelontorkan pemerintah pusat untuk program tol laut sebaiknya dikucurkan juga ke pemerintah daerah untuk pengembangan potensi maritim daerah dan sumber daya manusia.(janno)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini