» » » Menhub Tangkap Tangan Oknum Nakal Pungli Perijinan




Jakarta, eMaritim.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan ada tangkap tangan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Penangkapan berkaitan dengan pungli perizinan.

"Satu bulan terakhir, kami mengindikasikan adanya satu pungli yang dilakukan di Kemenhub, berlaku pada perizinan di Laut dan Darat. Oleh karenanya kami dan beberapa tim melakukan penyelidikan dan penelitian, dan dari hasilnya kami bisa membawa bukti dari kecurangan tersebut," jelas Menhub Budi Karya pada detikcom, Selasa (11/10/2016).

Dia pekan lalu, imbuh Menhub, pihaknya melaporkan dugaan pungli yang sudah diselidiki tim internal ini, kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian. "Saya melaporkannya kepada Pak Kapolri langsung. Pak Kapolri menugaskan Kapolda untuk menyelidiki," lanjut dia.

Hari ini, Menhub mengungkapkan ada pegawai yang tertangkap tangan karena dugaan pungli perizinan ini.

"Hari ini terdapat tangkap tangan di Kemenhub untuk menindaklanjuti (laporan dugaan pungli). Saya imbau pada semua teman-teman di Kemenhub, hati-hati untuk melakukan tindakan yang tidak good governance. Kami apresiasi Polri atas penindakan ini," ungkapnya.

Pernyataan sikap Menhub

Pernyataan Sikap Menhub Budi Karya Sumadi terkait dengan kasus Tangkap Tangan Dugaan Pungli perijinan di Kemenhub, Selasa (11 Oktober 2016).

1. Sejak dilantik dan mulai menjalankan tugas sebagai Menteri Perhubungan saya sudah menegaskan kepada jajaran untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua stakeholder dan tidak melakukan praktek pingli

2. Satu bulan menjabat sebagai Menhub, saya mendapatkan berbagai laporan indikasi pungli di internal kementerian khususnya di bidang pelayanan perijinan

3. Karena ini sudah menyangkut ranah hukum pidana maka pihak berwajib dalam hal ini kepolisian langsung berkoordinasi aktif. Kami menemukan fakta-fakta awal dan kemudian disampaikan ke pihak kepolisian untuk melakukan investigasi hingga diperoleh bukti kuat dan terjadi operasi tangkap tangan di unit perijinan

4. Saya memberikan apresiasi kepada jajaran kepolisian yang sudah bekerja maksimal membongkar kasus ini, semoga dapat  memberikan efek jera bagi para oknum pelaku,
5. Saya meminta kepada seluruh jajaran Kemenhub untuk segera menghentikan praktik KKN di semua tingkatan dan menjadikan ini momentum introspeksi agar institusi ini benar-benar menjalankan tugas sebagai pelayan publik yang berintegritras. (hdi)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini