» » » Tiga Negara Ini Bahas Keamanan Laut Sulu

Jakarta, eMaritim.com – Banyaknya kejadian yang menimpa para pelaut yang disandera oleh perompak terutama Abu Sayyaf, Tiga negara dari Asia Tenggara ini bahas kerjasama keamanan di laut Sulu, Filipina. Antara lain; Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu bersama Menhan Malaysia Hisyamuddin dan Menhan Filipina Lorenzana Delfin mengadakan pertemuan di Hawaii, Amerika Serikat (AS). Pertemuan ketiganya membahas isu keselamatan di Laut Sulu, Filipina.

Pertemuan trilateral itu dikemas secara informal. Ketiganya sepakat untuk meneliti terkait beberapa konsep kerjasama yang dikemukaan oleh 2 angakatan laut AS, US Pacific Command dan US Coast Guard. Demikian disampaikan dalam keterangan tertulis kepada detikcom, Rabu (5/10/2016).

Konsep kerjasama yang ditawarkan oleh kedua militer AS adalah bagaimana US Navy dan US Coast Guard bisa selalu bekerja sama serta berkoordinasi dengan ketiga negara Asia Tenggara tersebut untuk mengadakan operasi militer. Kerjasama tersebut dianggap penting untuk dilaksanakan, karena bukan saja untuk dalam ketiga negeri tapi juga antar negara tersebut.Pertemuan Trilateral ini juga memberikan penekanan kepada Maritime Domain Awareness (Domain Kesadaran Maritim). Hal tersebut menjadi faktor penting untuk memastikan adanya keberkesanan Inisiatif Pengamanan Laut Sulu (SSPI) yang dilakukan untuk menjaga keselamatan kawasan regional ketiga negara secara umum dan Laut Sulu secara khusus.

Selanjutnya, pertemuan trilateral antara 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Filipina membuktikan bahwa kerjasama ketiganya selalu berada pada tahap yang baik untuk memastikan dalam menghadapi segala ancaman di Laut Sulu dan cara mengantisipasinya. (Pno)


(Sumber: Detik.com)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini