» » 10 Pelabuhan terbesar di Dunia

Jakarta 8 Desember 2016, eMaritim.com


Tidak banyak diketahui umum bahwa 7 dari 10 pelabuhan terbesar di dunia ada di China, sementara 3 lainnya adalah Singapore, Rotterdam dan Busan di Korea Selatan. Semua data diambil dari jumlah muatan yang di handel di pelabuhan-pelabuhan tersebut dalam hitungan tahun.
Berikut adalah urutan pelabuhan tersebut yang dirangkum eMaritim dari sumber Internasional:

1. Port of Shanghai ( China )
Pelabuhan ini meng handel 744 juta ton muatan, dimana 32,5 juta TEUS kontainer. Terletak dimulut sungai Yangtze, pelabuhan ini memiliki luas 3.619 km2 dengan panjang dermaga jika di total sepanjang 20 km yang terdiri dari 125 dermaga. SIPG (Shanghai International Port Group) adalah pemilik dari fasilitas di Port of Shanghai.

2.Port of Singapore ( Singapore )
Pelabuhan ini meng handel 537,6 juta Ton muatan, diantaranya adalah 30 juta TEUS. Terminal terminalnya adalah Tanjong Pagar, Keppel, Brani, Pasir Panjang, Sembawang and Jurong. Terminal disana di kuasai PSA Singapore dan Jurong Port. Dengan jumlah kunjungan kapal sebanyak 140.000 dalam setahun, Singapore menghubungkan 600 pelabuhan di dunia.

3. Port of Tianjin ( China )
Pelabuhan yang bernama asal Tanggu , pernah ,menghandel 476 juta ton muatan, dimana diantaranya adalah 12,3 juta TEUS.Pelabuhan ini mengalami penigkatan muatan sekitar 5,3-6,2 % dalam setahunnya.
terletak di mulut Sungai Haihe di bagian utara China, pelabuhan ini memiliki area seluas 336 km2 berupa perairan dan 131 km2 berupa daratan. Pelabuhan ini memiliki 159 dermaga dan menghubungkan sekitar 500 pelabuhan di 189 negara

4.Port Guangzhou ( China )
Menangani lebih dari 460 juta Ton muatan pelabuhan ini terletak di tengah Pearl River Delta, dioperasikan oleh Guangzhou Port Authority, pelabuhan ini pertama kali menembus angka 100 juta Ton pada tahun 1999. pelabuhan ini adalah pelabuhan terbesar yang meng handel kegiatan bongkar muat batubara di China.

5.Port of Ningbo ( China )
Sebagai pelabuhan terbesar ke 5 di dunia, pelabuhan ini meng handel sekitar 453 juta ton muatan dan kapasitas muatan kontainernya adalah 15,6 juta TEUS. Pelabuhan ini terletak di Provinsi Zhejiang dengan mencakup wilayah wilayah Beilun Port Area, Zhenhai Port Area, Ningbo Port Area, Daxie Port Area and Chuanshan Port Area. Operator dari pelabuhan ini adalah Ningbo Port Group.

6.Port of Rotterdam ( The Netherland )
Saat ini Rotterdam adalah pelabuhan terbesar di Eropa dan merupakan pelabuhan terbesar ke 6 di dunia dalam segi muatan, pelabuhan ini meng handel 441,2 juta ton muatan dengan luas wilayah seluas 12.426 Hektar.
Sebelum booming industri di Asia, Rotterdam adalah pelabuhan terbesar di dunia yang sampai saat ini dikelola oleh Port of Rotterdam Authority (PoRA). Rotterdam adalah satu-satunya pelabuhan di Eropa Utara yang bisa dimasuki oleh kapal dengan draft yang paling dalam sekalipun. Dengan penambahan Maasvlakte 2 pada tahun 2008, Rotterdam akan memiliki area untuk kontainer dua kali lipat dari yang sekarang.

7.Port of Suzhou ( China )
Pelabuhan yang memiliki 224 dermaga dan memiliki muatan yang di handel dalam setahun sebesar 428 juta ton ini terletak di Sungai Yangtze di bagian provinsi Jiangsu. Pelabuhan ini dimiliki oleh Sozhou Municipal Goverment dan merupakan salah satu pelabuhan inland tersibuk di dunia. Muatan utama di pelabuhan ini adalah Batubara, Baja dan Material konstruksi.

8.Port of Qingdao ( China )
Terletak di mulut teluk Jiaozhou di selatan semenanjung Shadong, pelabuhan ini meng handel lebih dari 400 juta ton muatan dan merupakan pelabuhan terbesar ke 8 di dunia. Pelabuhan ini juga merupakan pelabuhan terbesar didunia yang meng handel Iron Ore dan juga pelabuhan terbesar di China untuk muatan Crude Oil. Dahulu merupakan pelabuhan yang di merger antara Qingdao Old Port, Huangdao Oil Port dan Qianwan New Port. Qingdao menghubungkan 450 pelabuhan di dunia dari 130 negara, operator pelabuhan ini adalah Qingdao Port Group

9.Port of Dalian ( China )
Pelabuhan ini terletak di Semenanjung Liaodong di provinsi Liaoning, meng handel lebih dari 303 juta ton muatan dalam setahun. Dimiliki di manage oleh Dalian Port Company pelabuhan ini mencakup 7 area bernama Daliangang, Dalianwan, Xianglujiao, Nianyuwan, Ganjinzi, Heizuizi, Si'ergou and Dayaowan. Port of Dalian meng handel sekitar 70% muatan dari area di provinsi tersebut dan memiliki 80 dermaga yang menghubungkan 99 perusahaan pelayaran di seluruh dunia.

10.Port of Busan ( Korea Selatan )
Terletak di mulut sungai Naktong di Korea Selatan, Busan adalah pelabuhan terbesar ke 10 di dunia berdasarkan jumlah muatan. Pelabuhan ini meng handel 298 juta ton muatan dan di manage oleh Busan Port Authority. Pelabuhan ini terdiri dari North Port, South Port, Gamcheon Port dan Dadaepo Port yang memiliki 6 terminal kontainer internasional.
Secara figure pelabuhan Busan menghandel 40% dari total muatan laut di Korea Selatan, 80% muatan kontainer dan 42% muatan hasil laut dari seluruh negeri ginseng tersebut.
Pelabuhan ini mampu meng handel 169 kapal secara bersamaan.(zah)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"