» » » Kapal Pegangkut LPG Terbakar Diperairan Makassar

Ilustrasi

Makassar, eMaritim.com – kapal pengangkut LPG, MT Amalia 1 milik Bahari Nusantara terbakar 1 mil dari Pelabuhan Paotere kemarin, Selasa (13/06/2017). Saat ini si jago merah berhasil dipadamkam.

Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab kebakaran kapal pengangkut LPG tersebut. Namun diketahui, KM MT Amalia 1 milik pengusaha bernama Ayong warga Jalan Bandang, Kecamatan Bontoala, Makasssar hendak melakukan pelayarannya dari Pelabuhan Kintap, Kalimantan Selatan, Senin (12/6/2017) sekitar pukul 23.30 wita.

Tidak ada korban jiwa maupun luka, tapi sebagian badan kapal hangus terbakar. Kita juga tidak tahu penyebab kebakaran dan masih diselidiki," kata Kepala Polres KPPP Pelabuhan Makassar, AKBP Said Anna Fauza.

Menutur Kepala Polres KPPP Pelabujan Makassar, AKBP Anna Fauza Beruntung dalam musibah itu tidak menelan korban jiwa, maupun luka. Hanya sebagian kapal yang hangus terbakar. "Saat ini juga masih diselidiki penyebab terjadinya kebakaran," tuturnya.

Api yang melalap KM MT Amalia 1 ini cepat dipadamkan setelah 3 kapal tagboat PT Pelindo IV Makassar serta 2 kapal tagboat dari PT Pertamina dikerahkan untuk melakukan penyiraman. "Api berhasil dengan cepat dipadamkan, karena kapal dalam (keadaan) kosong dan tidak berisi LPG," katanya.

Namun, Kabid Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani menjelaskan, penyebab terjadinya kebakaran diatas Kapal KM Amalia tersebut benar masih dalam penyelidikan, namun kapal tersebut itu tidak berisi gas elpiji.

“Itu kapal kosong. Biasanya bawa elpiji. Katanya dari Kalimantan mau ke Sidoarjo tapi singgah urus dokumen di Paotere. Ada dua Kapal SAR yang menyemprot disana saat kejadian,” ujar Kombes Pol Dicky Sondani.

Menurut Dicky, untuk semua 13 orang awak Kapal KM Amalia behasil di selamat dan telah dievakuasi oleh tim SAR Makassar, bahkan api bermula dari bagian belakang sudah berhasil dipadamkan. (**)









(Kompas.com - inikata.com)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"