» » » » Mau Jadi Broker Kapal ? Ini Tips nya.

Jakarta, eMaritim.com - Broker kapal kadang difahami secara pendek dan dangkal oleh sebagian orang sebagai Makelar kapal. Broker kapal dipandang sebagai profesi yang remeh sekedar sebagai makelar bagi para pengusaha penjual kapal dan pengusaha yang akan membeli kapal. Pandangan ini adalah pemikiran yang sempit dan keliru. 

Broker kapal secara filosofi bisnis perkapalan dan pelayaran memiliki fungsi yang sangat luas bahkan yang menjadi partner dan tempat bergantung bagi dari para pebisnis pelayaran. Broker kapal dapat menjadi perantara antara designer kapal (naval architecture), shipbuilder atau galangan kapal (shipyards), industry komponen kapal (marine component manufacturers), pelayaran (shipping companies) dan pemilik kapal (shipowners), serta pemilik muatan kapal, dll.
Setiap broker kapal pasti dan selalu berpikiran bagaimana caranya untuk dapat melakukan transaksi penjualan kapal atau transaksi pembelian kapal dalam industri perkapalan dan pelayaran. Ini adalah wajar yang terlintas dalam pikiran sebagai seorang broker kapal. yang dipikirkan pada tahap awal adalah berapa besarnya komisi. 

Sebagai broker yang professional hal ini tidak perlu diucapkan karena sudah ada tersendiri kalusulnya dalam Term of reference tanggung jawab dan kewajiban semua pihak. Tidak ada kata sukses bagi seorang broker kapal kalau apa yang dilakukannya selama ini belum ada kata “sepakat dan sampai selesainya kesepakatan”.

Sebagai broker kapal tidak boleh asal-asalan. Karena sejatinya bisnis perkapalan dan pelayaran adalah salah satu industry bisnis yang paling rumit saat ini di dunia. Pengusaha lebih senang untuk berhubungan dengan seorang broker kapal yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan perkapalan dan pelayaran yang cukup terutama seluk beluk dan kesulitan-kesulitan yang ada, misalnya pendanaan. 

Broker kapal tidak boleh hanya sekedar mengisi waktu akan tetapi broker kapal harus mendedikasi dirinya, waktunya, kemampuannya dan kepercayaan dirinya untuk benar-benar menjadi broker kapal yang mandiri dalam mendukung industri pelayaran dan perkapalan.

Kalau tidak digeluti secara professional profesi sebagai broker kapal ini biasanya mendapatkan banyak penolakan dan habis waktu, habis umur dan habis pulsa HP dengan sia-sia. Namun sebagai broker yang professional dengan bekal pengetahuan yang cukup maka tidak ada kata penolakan bahkan broker kapal adalah partner yang paling utama bagi para pengusaha pelayaran kapal dan akhirnya membuahkan kesuksesan yang dirasakan bagi broker kapal di kemudian hari.

Bersama ini kami berbagi beberapa tip yang sangat berguna untuk menjadi seorang broker kapal yang sukses khususnya pada industri perkapalan dan pelayaran. Seperti kita ketahui bersama, bahwa menjadi broker kapal tidak ada sekolahnya, broker kapal tidak memerlukan pendidikan resmi atau lebih tinggi daripada sekolah tinggi yang ada. 

Namun broker kapal harus memiliki pengetahuan real tentang jenis-jenis kapal, berbagai jenis muatan dan pengalaman yang mendasar.
Broker kapal tidak hanya dapat bekerja sama dengan pengusaha kapal, namun broker kapal harus dapat bekerja sama dengan berbagai sector bisnis terkait. Broker kapal juga harus bisa bekerja sama dengan perusahaan misalnya lembaga di luar negeri, network asing, perusahaan transportasi, perusahaan terminal angkutan kargo, dan moda-moda transportasi lainnya. 

Oleh karena itu broker kapal harus memiliki persyaratan pendidikan minimum dan sertifikasi teknis jika diperlukan dan yang lebih penting lagi broker kapal layaknya marketing, broker harus bisa berkomunikasi secara logic dan luas.

Broker kapal harus mempunyai profesionalitas dan integritas yang tinggi, tidak mengutamakan orientasi komisi atau bisnis dengan permainan uang. Tidaklah kita ketahui bahwa broker kapal terdiri dari broker disain dan rancang bangun kapal, broker pembangunan kapal, broker pengawasan pembangunan kapal, broker pengoperasian kapal, broker muatan kapal, broker penjualan kapal, dll. 

Sebagi contoh yang sering dilakukan broker kapal adalah penjualan kapal. Fungsi utama broker penjualan dan pembelian kapal adalah untuk menentukan kapal posisi dimana, dan mau dibeli ke negara mana, melalui rute mana kapal tersebut dinavigasikan, mengurus dan menyiapkan semua dokumen dan sertifikat kapal dan mengatur dokumen yang diperlukan untuk transaksi pengiriman yang dilakukan oleh kliennya. Semua dilakukan secara professional.

Dalam menangani jasa broker kapal, biasanya para broker kapal yang ada saat ini melakukan kegiatan telpon sana telpon sini untuk mencari informasi regulasi dan aturan karena kurang siapnya bekal, mencari dengan susah payah pemilik kapal yang akan menjual kapalnya karena ada order pembelian kapal, telpon pemilik kapal karena ada order pemilik muatan, dll. Ini adalah gaya broker yang belum professional dan berpengalaman. 

Broker yang professional biasanya sudah melengkapi dirinya dengan pengetahuan, faham regulasi, memiliki data base kapal, mengetahui kebijakan pengadaan kapal atau muatan nasional, mengetahui situasi bisnis pelayaran di negara tertentu. Semua itu bagi broker yang professional sudah dimiliki dalam Main Data Base (MDB) yang siap untuk dieksekusi. Setiap broker memiliki MDB masing-masing. Tinggal saling berbagi saja sesame broker. 

Jadi, penting bagi kita yang akan memilih berprofesi sebagai broker kapal, maka kita harus membekali diri dan memiliki hal tersebut di atas terutama pengetahuan mengenai berbagai transaksi kapal dan prosedur bisnis kapal dan pelayaran.

Broker yang sukses biasanya haus akan pengetahuan, broker yang sukses selalu mencari kursus-kursus pelatihan profesional dapat memberinya pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk membekali dirinya sebagai broker kapal dan juga memiliki data base yang sudah diinstall dalam computernya dan mempelajari obyek yang akan digeluti yaitu semua jenis kapal, semua bagian kapal, semua teknis dasar terkait dengan pelayaran dan perkapalan yang dibutuhkan untuk profesi sebagai broker kapal. Broker yang berpengalaman dan profesional memiliki website tersendiri.

Kalau dulu broker kapal menggunakan bakat alamnya. Namun sekarang broker selalu menggunakan software aplikasi. Karena obyek kapal yang akan digeluti, misalnya kapal dan komponen kapal, tidak saja ada di Indonesia akan tetapi lebih dari 90% berada dari luar negeri. 

Oleh karena itu broker kapal harus menggunakan perangkat lunak operasi dan manajemen dan karenanya broker kapal harus memiliki cukup pengetahuan teknis untuk menangani perangkat lunak tersebut. Bila broker memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk profesi sebagai broker kapal bisa membuatnya sukses dengan keuntungan yang lebih tinggi.

Selain keterampilan dalam hal adaminitrasi dan manajemen perkantoran serta pencatatan, maka calon broker kapal yang memilih profesi broker kapal pada industri perkapalan dan pelayaran harus belajar banyak bahasa terutama Bahasa Inggris karena bisnis broker kapal akan melibatkan transaksi secara internasional ketimbang nasional. 

Untuk itu perlu bagi para calon broker atau broker pemula untuk bermesraan dengan para praktisi maritim yang memang sudah banyak makan garam dalam menggeluti transaksi bisnis perkapalan dan pelayaran guna mempelajari bagaimana taktik yang baik dan benar dalam menangani berbagai jenis klien.
Untuk mengetahui broker professional dan sukses adalah tanyakan saja siapa klien-kliennya sebelumnya?, kalau belum bisa menyampaikan maka broker kapal tersebut belum dikatakan sebagai broker yang professional dan sukses. Pengusaha kapal atau muatan hanya yang ingin berhubungan dan menyewa seorang broker kapal selalu meminta referensi dan catatan atas klien-klien sebelumnya.

Ini juga penting, yaitu attitude. Sekali kita sebagai seorang broker kapal melakukan hal-hal yang tidak baik atau tidak amanah atau tidak bertanggung jawab maka habislah nama baik kita sebagai broker kapal. Apa lagi zaman sekarang yang dengan mudah menggunakan social media, dengan hitungan detik saja reputasi kita akan hilang. 

Broker kapal selalu harus bisa dipercaya. Jadi, untuk mendapatkan reputasi yang baik sebagai broker kapal yang sukses, maka kita seharusnya sudah membuat beberapa kesepakatan sukses dengan daftar klien yang bagus dan kredible. Broker juga harus bisa memilik pengusaha kapal atau pelayaran yang memang kredible.

Pesan penting adalah jangan berhenti mempelajari obyek kapal yang akan kita geluti, yaitu kapal dan muatan kapal. Carilah kursus pelatihan untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri perkapalan, industry pelayaran, bisnis pelayaran, bisnis logistic dan kepelabuhan yang bisa memberi kita pelatihan yang diperlukan dengan bahan belajar dan panduan dari ahlinya.

Menjadi broker kapal harus punya pengalaman. Kebutuhan utama broker kapal pemula adalah bagaimana mendapatkan pengalaman di bidang perkapalan dan pelayaran. 
Pelatihan profesional dapat membantu kita dalam mempelajari taktik bisnis broker kapal dan akan memberi kita pengalaman yang dibutuhkan untuk menjadi broker kapal yang sukses. 
Dimulai dengan apa saja tugas-tugas dasar sebagai broker kapal sehingga dapat memberi kita awal yang sukses dalam profesi yang memiliki reputasi baik.
Semoga bermanfaat

Dikutip atas ijin penulis:
Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc.
HP. 0817188831

Visit www.GoSeaBizz.com to support your Ship and Cargo Brokerage Business

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini