» » » » Pelabuhan Kota Bitung Menuju IHP dan KEK 2035



Pelabuhan Kota Bitung | Istimewa

Bitung, eMaritim.com – Kota Bitung yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) merupakan salah satu kota yang memiliki perkembangan yang pesat, salah satunya di sektor kelautan. Kota yang berlokasi di timur laut Tanah Minahasa ini merupakan kota yang terkenal dengan industri perikanan.

Oleh karena itu, Walikota Bitung, Max Lomban akan membangun fasilitas lapangan penumpukan seluas lima hektar dan penambahan panjang dermaga mencapai 131 meter dan lebar 35 meter. Hal ini dilakukan dalam rangka menuju International Hub Port (IHP) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) 2035, yaitu Bitung International Hub Port dan Daerah Pendukung Kepelabuhan yang berkapasitas tiga juta TEUs.

Melihat perkembangan tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berkunjung ke Pelabuhan Kota Bitung yang juga termasuk ke dalam kawasan PT. Pelabuhan Indonesia IV ini, Kamis (10/8).

Tak hanya melihat pelabuhan, Walikota juga mengajak meninjau lokasi sekitar Pelabuhan Kota Bitung serta rencana pembangunan berkelanjutan pelabuhan petikemas menggunakan kapal ferry.

“Kunjungan Menteri kali ini untuk melihat perkembangan Pelabuhan Kota Bitung, mengingat pelabuhan masuk dalam rencana investasi proyek-proyek yang ada di lingkungan PT Pelindo IV, bersama beberapa daerah lain, seperti Kendari, Tarakan, Ambon, Ternate, Merauke, Manokwari, Jayapura dan Sorong,” jelas Max Lomban seperti dikutip jurnalpatrolinews.

Sejarah mencatat, sekitar tahun 1940-an, para pengusaha perikanan yang biasa berlayar dan mencari ikan di Laut Sulawesi tertarik dengan keberadaan Bitung. Kota yang dahulu kala merupakan pelabuhan perdagangan ini dianggap para pengusaha perikanan sebagai lokasi yang cukup strategis dan bisa dijadikan pelabuhan pelabuhan pengganti Kema pada saat itu. (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini