» » » Dishub Kaltara Optimis Rencana Pembangunan Pelabuhan Pesawan Tetap Berjalan

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Utara, Taupan Madjid | Istimewa
Bulungan, eMaritim.com – Rencana pembangunan Pelabuhan Pesawan, Kelurahan Tanjung Selor Timur, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara akan tetap berjalan. Sikap optimis ini terlihat dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Utara yang meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan untuk berkomitmen membantu menyelesaikan dan memastikan lahan untuk membangun pelabuhan bongkar muat barang pengganti Pelabuhan Kayan I ini agar tidak menjadi permasalahan.

 “Nanti tim akan rapat persiapan untuk membahas masalah lahan itu,” ujar Kepala Dishub Kalimantan Utara, Taupan Madjid, beberapa waktu lalu.

Seperti dilansir prokal.co, Taupan mengaku sejauh ini telah dilakukan persiapan dengan membentuk tim pembebasan lahan yang melibatkan beberapa instansi seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN), Biro Hukum, Biro Pemerintahan, maupun Pemkab Bulungan.

Tim akan melakukan sosialisasi dan mendata pemilik lahan. Jika sudah tidak ada masalah, selanjutnya BPN akan melakukan pengukuran. “Kalau sudah oke, baru tim appraisal turun menentukan harga tanahnya,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pembangunan pelabuhan di Pesawan yang diperkirakan menelan dana lebih Rp 200 miliar, membutuhkan lahan sekitar 60 hektare. Diproyeksikan bisa tuntas tahun ini sehingga pembangunan fisik pelabuhan bisa dimulai 2018. Apalagi, pihaknya telah menyiapkan perencanaan seperti rencana induk, Feasibility Study (FS) dan Detailed Engineering Design (DED).

“Kalau dimulai 2018 bisa tuntas pada tahun 2020 mendatang,” tutupnya. (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini