» » » Kemenhub Berencana Perpanjang Dermaga Pelabuhan Waingapu

Dermaga Pelabuhan Waingapu, NTT akan diperpanjang oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) | Istimewa
Waingapu, eMaritim.com – Dermaga di Pelabuhan Waingapu, Nusa Tenggara Timur (NTT) direncakan akan diperpanjang serta ditambahkan peralatan bongkar muat oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang bekerjasama dengan Pelindo III. Hal tersebut nantinya dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien untuk kegiatan bongkar muat barang sehingga produktivitas di pelabuhan ini dapat meningkat

Menhub, Budi Karya mengatakan, Pelindo III akan mengelola Pelabuhan Waingapu selama 30 tahun. Adapun, Kemenhub melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Waingapu bertindak sebagai regulator dan memastikan faktor keselamatan pada sektor laut di Waingapu, Sumba, NTT.

"Jangan lagi di sini satu sampai tiga hari, kita maunya setengah hari selesai dan banyak kapal-kapal yang datang ke sini. Untuk itu Pelindo harus menginvestasi alat crane sehingga kapasitasnya lebih banyak dan lebih cepat," kata Budi Karya melalui keterangan tertulis, Rabu (13/9), seperti dilansir beritasatu.com.

Menhub Budi Karya menambahkan, perpanjangan dermaga ini juga dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada sejumlah sektor transportasi.

"APBN itu semakin ketat, kami ingin anggaran APBN ini juga diperuntukan daerah-daerah terluar, terdepan dan daerah-daerah yang strategis. Pelabuhan Waingapu kami kerja samakan kepada swasta dalam hal ini PT Pelindo III,” lanjut Menhub Budi Karya, seperti dikutip jpnn.com.

Untuk diketahui, Pelabuhan Waingapu saat ini memiliki dua dermaga, terdiri dari Dermaga Nusantara II dan Dermaga Pelra II. Dermaga Nusantara II berukuran 120 m x 12 m. Dermaga ini dilengkapi dengan trestle seluas 80 m x 10 m dan lapangan penumpukan peti kemas seluas 88 m x 21 m.

Sementara itu, Dermaga Pelra II memiliki luas 70 m x 10 m yang dilengkapi tiga lapangan penumpukan. Lapangan penumpukan pertama seluas 100 m x 63 m, lapangan penumpukan kedua seluas 27 m x 18 m, lapangan penumpukan ketiga seluas 44 m x 18 m. Dermaga Pelra juga dilengkapi fasilitas gudang seluas 30 m x 18 m. (*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini