» » » Rute Baru KM Sirimau, Fokus Indonesia Timur, Ini Trayeknya


Ilustrasi Gambar KM Sirimau | Sumber: Istimewa
Jakarta, eMaritim.com – Perubahan rute PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) pada trayek kapal KM Sirimau, Kapal tersebut akan melayani rute baru di kota-kota Indonesia Timur.

Kapal ini bermula memiliki trayek Surabaya-Madura-Batulicin (Kalimantan Selatan). Namun rute tersebut dirubah dengan trayek baru seperti Nabire, Sorong, Ambon, Kupang, dan Saumlaki.

Manager Public Relation (PR) dan Corporate Social Responsibility (CSR) Pelni Akhmad Sujadi mengatakan perubahan trayek KM Sirimau ini untuk menampung aspirasi dan permintaan masyarakat di berapa kota Indonesia Timur yang mobilitasnya cukup tinggi dengan trasnportasi laut.

 “Banyak warga NTT bekerja di Papua, dan mereka difasilitasi kapal laut dengan pelayaran langsung. Kami melakukan pengkajian dan merubah trayek KM Sirimau sesuai kebutuhan pasar,” kata Sujadi seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (12/9/2017) seperti dikutip Liputan6.

Dengan perubahan trayek KM Sirimau ini, ditambahkan Sujadi akan menciptakan konektivitas baru serta dapat menggerakkan ekonomi di wilayah Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Trayek baru KM Sirimau akan memakan waktu pelayaran 28 hari dalam satu voyage dengan menempuh jarak 6.194 mile, lebih jauh 56 mile dibanding rute sebelumnya 6.138 mile.

“Dengan adanya rute baru antara Papua dan NTT, diharapkan ekonomi akan tumbuh seiring distribusi barang dan orang yang sebelumnya tidak ada koneksi antar wilayah,” tambah dia.

Untuk mengisi rute yang ditinggalkan KM Sirimau khususnya rute Surabaya-Merauke, Pelni mengoperasikan KM Leuser sebagai alternatif Surabaya-Merauke. Sedangkan trayek ke Batulicin akan dilayani kapal tipe 500 pax, KM Wilis.(*)


eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini