» » » Belum Penuhi Persyaratan, Pengembangan Pelabuhan Perikanan di Brebes Tertunda

Panen ikan di Pulo Lampes, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah | Istimewa
Brebes, eMaritim.com – Pengembangan pelabuhan perikanan di Dukuh Pulo Lampes, Desa Pulogading, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah disinyalir belum akan direalisasikan dalam beberapa waktu ke depan. Penundaan ini dikarenakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, belum memenuhi persyaratan penyediaan lahan.

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Brebes, Trisno Warsumdemah mengatakan, Pemkab Brebes harus sesegera mungkin untuk menyediakan lahan untuk pengembangan pelabuhan perikanan berdasarkan persyaratan dari pemerintah pusat.

“ Tapi ini menunggu keputusan Bupati," ungkap Trisno Warsumdemah seperti diberitakan radartegal.com.

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Brebes Maskorim membenarkan kendala pengembangan pelabuhan ini. Ia menyebutkan, sampai saat ini Pemkab Brebes belum bisa menyediakan lahan untuk pengembangan pelabuhan yang ada di wilayah Kecamatan Bulakamba ini. Pengembangan pelabuhan ini membutuhkan lahan paling tidak seluas 30 hektare.

"Terus terang kalau pengembangan pelabuhan memang perlu lahan, karena syarat untuk membuat pelabuhan harus ada lahan minimal 30 hektare," ungkapnya.

Ia melanjutkan saat ini kendala pengembangan ini membutuhkan pembebasan lahan dari Pemkab Brebes. Pengembangan Pelabuhan di Pulolampes ini dinilai sangat diperlukan, mengingat retribusi dari hasil laut di wilayah itu dinilai sangat baik.

Meski demikian, DKP sudah berupaya untuk pembenahan pelabuhan tersebut. Salah satunya dengan pembuatan Turap dan pengerukan. Hal ini dilakukan agar pelabuhan tersebut lebih representatif.

"Di situ kami sudah melakukan upaya untuk pembuatan Turap, dan juga kami akan melakukan pengerukan, agar lebih representatif. Kami menginginkan pelabuhan perikanan yang lebih bagus," lanjutnya.

Saat ini nelayan setempat sangat memanfaatkan adanya tempat pendaratan ikan (TPI) yang dinilai sangat baik, karena memberikan kontribusi kepada Pemkab Brebes secara maksimal.

"Nelayan di situ sangat antusias menjual hasil lautnya dengan pelelangan di TPI. Dan di Pulolampes ini dinilai sangat baik dalam memberikan kontribusi dari hasil sektor laut," tandasnya.

Sementara itu, selain kunjungan dari DPRD Brebes dan DKP ini juga menyasar di pelabuhan Pangaradan, Kecamatan Tanjung. Kunjungan ini guna mengetahui seberapa besar retribusi dari hasil laut terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).(*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
World Maritime Day 2017: "Connecting Ships, Ports and People"

close
Banner iklan disini