Dirut BKI Raih Gelar Doktor Universitas Padjajaran -->

Iklan Semua Halaman

Dirut BKI Raih Gelar Doktor Universitas Padjajaran

09 Januari 2018

Dirut BKI memaparkan hasil penelitiannya dalam sidang promosi di Unpad Bandung (080/01/2018) | Istimewa
Bandung, eMaritim.com – Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Rudiyanto, pada Senin (08/01/2018) meraih gelar Doktor Administrasi Bisnis, dari Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung.

Rudiyanto lulus dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di Unpad Bandung, dengan menyelesaikan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Komitmen Organisasi dan Strategi Human Capital Dalam Implementasi Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sektor Jasa di Indonesia”, Rudiyanto memperoleh hasil ‘Sangat Memuaskan’.

Usai sidang promosi, Rudi biasa akrab disapa menjelaskan bahwa latar belakang memilih judul penelitiannya karena masih sedikit yang meneliti soal BUMN. Menjabat sebagai Dirut BUMN yang bergerak di klasifikasi kapal, dengan disertasinya itu, ia menginginkan perbaikan di BUMN. “Kami melakukan penelitian agar bisa menghasilkan kontribusi bagi BUMN,” ujarnya seperti dikutip dari Maritimnews.

Menurutnya selama ini, BUMN sektor jasa khususnya yang menjadi konteks penelitiannya belum memiliki Good Corporate Governance (GCG). Sehingga sasaran yang dicapai oleh masing-masing BUMN sektor jasa itu dinilai belum maksimal.

Para promotor juga mengapresiasi isi disertasinya yang telah banyak mengungkap fakta soal kondisi BUMN sektor jasa saat ini. Mereka berpandangan apa yang telah disampaikan oleh Rudi dapat menjawab problematika yang ada.

Menurut para Promotor, dalam menjalankan skema yang diulas Rudi juga memerlukan keberanian mengingat kultur BUMN yang masih jauh dari pola GCG sudah terjadi sejak lama. Hal itu mengingat pemutusan kebijakan di BUMN tidak terlepas dari faktor politik.

Mantan Dirut Sucofindo ini juga menjelaskan bahwa komitmen organisasi dan strategi human capital memegang peranan penting dalam pola GCG untuk mencapai tujuan perusahaan. Namun, fakta di lapangan, masih banyak BUMN sektor jasa yang belum melakukan rekrutmen SDM dengan baik.

“Strategi human capaital untuk mencapai tujuan perusahaan belum dijalankan. Sehingga masih banyak ditemukan di lapangan soal kriteria yang tidak sesuai dengan sasaran perusahaan,” imbuhnya.

Dengan peningkatan GCG, Dirinya optimis BUMN akan bisa berkontribusi banyak dalam perekonomian nasional seperti BUMN di negara-negara lain.

Hadir dalam acara itu antara lain Ketua Majelis BKI, Laksamana TNI (Purn) Dr Marsetio; Rektor Unpad Prof Dr. med. Tri Hanggoro Achmad; dan para mitra BKI.  (*)