» » » » Kronologis Evakuasi 12 ABK KM Pinang Jaya Oleh KM Serasi II




Jakarta 29 Januari 2018, eMaritim.com

KM Serasi II  yang lewat di perairan dekat tenggelamnya KM Pinang Jaya berhasil menyelamatkan 12 orang ABK kapal nahas tersebut. Berikut adalah kronologis yang dibuat oleh Nakhoda KM Serasi II tidak lama setelah berhasil menyelamatkan ke 12 ABK dari total 18 ABK KM Pinang Jaya.


Pada hari minggu tanggal 28 Januari 2018, jam 08.05 lt posisi 05-44,9 S / 107-33,1 E  jurumudi jaga melaporkan kepada mualim jaga bahwa ada yang minta pertolongan dihaluan sebelah kiri, mualim jaga langsung melaporkan kepada nakhoda dan kamar mesin dan mengumumkan melalui publik adressor untuk melakukan pertolongan.

Selanjutnya nakhoda melakukan manuver untuk melakukan pertolongan kepada korban.

Jam 08.45 lt  dua orang korban tersebut terselamatkan dan di naikkan ke kapal, selanjutnya nakhoda menanyakan kepada ke dua orang tersebut jumlah temannya dan mereka menyatakan bahwa masih ada lima belas orang crew dan satu orang cincu.

Nakhoda KM Serasi II melanjutkan pencarian disekitar posisi korban tersebut.

Jam 09.00 lt juru mudi jaga melaporkan bahwa melihat teman-teman korban yang lainnya sekitar satu setengah mil dari posisi korban yang pertama ditemukan.

Nakhoda KM Serasi II melakukan manuver dan menuju ke korban untuk melakukan penyelamatan.
Pada jam 09.05 lt tiba di posisi korban dan melakukan penyelamatan.

Jam 09.15 lt semua korban tertolong sebanyak sepuluh orang. Setelah semua naik ke kapal, nakhoda KM Serasi II kembali melakukan pencarian enam orang yang belum ditemukan diarea korban yang kedua selama tiga puluh menit tetapi sudah tidak menemukan teman-teman mereka yang berjumlah enam orang.

Selanjutnya nakhoda KM Serasi II mengambil keputusan untuk meneruskan pelayaran ke Surabaya dengan membawa dua belas orang korban dari kapal tenggelam tersebut karena mempertimbangkan kondisi bahan bakar dan kecepatan kapal yang cuma 4.5 knots. (jan) 

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini