» » » Masyarakat Jadikan Pelabuhan Adikarto Sebagai Wisata Nelayan Baru

Ilustrasi | Istimewa
Yogjakarta, eMaritim.com – Wisata pelabuhan baru di Yogjakarta bagi para wisatawan yang ingin berlibur, sebelum diresmikan pelabuhan Tanjung Adikarto mulai dimanfaatkan oleh para nelayan setempat sebagai tempat wisata baru di wilayah itu.

Menurut Kepala Diinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta, Sigit Sapto Rahardjo membenarkan adanya pemanfaatan wisata yang dilakukan oleh masyarakat setempat, sebagai mata pencaharian tambahan, dirinya menambahkan walaupun pembangunan pelabuhan Adikarto belum usai, sekarang sudah  mulai difungsikan untuk kegiatan wisata masyarakat, khususnya wisata nelayan..

Menurut Sigit, pemanfaatan Pelabuhan Tanjung Adikarto sebagai objek wisata tidak akan dikelola oleh dinas, melainkan swadaya dari para nelayan yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan. Untuk area parkir wisatawan juga dikelola oleh koperasi masyarakat di kawasan setempat.

"Jadi selama tidak membuat bangunan baru kami izinkan, mereka di sana cuma menyewakan kapal bagi wisatawan serta mendirikan warung tidak permanen di kawasan itu," kata dia seperti dikutip Republikaonline.

Menurut Sigit, aktivitas wisata mulai muncul ketika banyak wisatawan yang berdatangan ke pelabuhan yang proyek pembangunannya masih dihentikan sementara itu. Di samping ramainya kegiatan nelayan, aneka kuliner berbahan dasar ikan laut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mendatangi lokasi itu.

Ia mengatakan babak baru pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto ditargetkan baru dimulai kembali pada 2017. Saat ini, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY masih merencanakan redesain pelabuhan itu sebagai acuan pembangunan kembali.

"Redesain Pelabuhan Tanjung Adikarto sendiri ditargetkan selesai pada Desember 2016," kata dia.(*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini