» » Tips Pemeliharaan Battery Diatas Kapal

Jakarta, eMaritim.com - Dalam artikel sebelumnya ( klik disini ) telah dibahas secara singkat mengenai pengenalan battery yang ada diatas kapal dan pada kesempatan ini akan coba di paparkan hal hal yang berkaitan dengan faktor pemeliharaan instalasi battery di atas kapal yang berkaitan dengan aspek keamanan dan keselamatan pada instalasi battery diatas kapal dan hal hal tersebut meliputi :

1 . Untuk semua personel diatas kapal yang akan memasuki ruang battery ( Battery Room ) harus selalu dalam keadaan kering dan personnel harus mengenakan PPE (  Personal Protective Equipment ) sebagai perlengkapan safety standard dan juga harus dilengkapi dengan sarung tangan karet untuk melindungi tangan dari cairan kimia serta safety shoes.

2. Lampu yang akan di pergunakan dalam melakukan perawatan ini hendaknya tidak menimbulkan panas sehingga dapat berbahaya.

Peralatan kerja yang akan dipergunakan harus disatukan dalam box khusus untuk kerja.

3. Jangan menempatkan terlalu banyak socket menjadi satu sehingga dapat membahayakan dan terjadinya electric shok.

4.  Jangan memakai segala jenis perhiasan pada saat bekerja dalam ruang battery karena sangat berbahaya dan dapat menimbulkan tersengat arus listrik yang dapat mengakibatkan kulit terbakar.

5. Battery charger harus di pastikan dalam keadaan mati / Off .

6. Asap dan api terbuka harus dihindari dan dilarang di dalam ruang battery.

7. Seluruh peralatan lisrik tidak diperkenankan untuk di modifikasi atau ditambah tanpa izin dari pihak yang berwenang.

8. Semua peralatan portable yang dapat menimbulkan terjadinya percikan api atau spark tidak boleh dipergunakan untuk bekerja didalam ruang battery .

9. Ruang battery tidak boleh di pergunakan sebagai  ruang penyimpanan atau store materials apapun.

10. Insulasi dan cable didalam ruang battery harus dirawat dengan baik.

11.  Ketika battery sedang di charge gas gas yang timbul adalah gas Hydrogen dan Oxygen sehingga diperlukan sistim ventilasi yang baik agar tidak terjadi pengumpulan gas gas yang berbahaya di dalam ruang battery tersebut.

12. Sebelum memasuki ruang battery ventilasi fan dalam ruang battery harus di hidupkan terlebih dahulu untuk mengeluarkan semua gas yang ada dalam ruangan yang mungkin berbahaya.

13. Semua benda yang terbuat dari besi hendaknya diletakan jauh dari battery.

14. Bilamana sistem rak yang dipakai untuk battery,  rak rak itu hendaknya dibuat dari bahan / material yang bersifat Non conductive untuk menghindari terhadinya percikan api atau spark.

15. Permit to work harus dibuat dan disetujui sebelum memasuki battery room / ruang battery.

Demikianlah hal hal yang penting yang harus dipersiapkan sebelum memasuki ruang battery untuk melaksanakan perawatan terhadap battery battery yang ada di ruang battery diatas kapal , terihat sepele tapi ternyata pekerjaan perawatan battery tersebut tidak dapat disepelekan dan dianggap enteng.   ( AN ).

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini