Kapal Pengangkut Hewan Ternak, Hilang Kontak Saat Menuju Pelabuhan Jeneponto -->

Iklan Semua Halaman

Kapal Pengangkut Hewan Ternak, Hilang Kontak Saat Menuju Pelabuhan Jeneponto

31 Agustus 2018
Ilustrasi
Binamu, eMaritim.com –  Kapal Layar Motor (KLM) Wahyu Ilahi 02 GT 66 dikabarkan hilang kontak saat berlayar dari Pelabuhan Marapokot, Embai, Nusa Tenggara Timur, menuju Pelabuhan Jeneponto, Desa Bungen, Kecamatan Batang, Sulawesi Selatan, Jumat (31/8/2018) siang. Kapal tersebut diketahui mengangkut ratusan hewan ternak.

"Informasi dari pemilik kapal H Muhammad Nur, menyatakan kapal hilang kotak dari 30 Agustus 2018," ujar pegawai Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jeneponto, Bahar (40).

Menurut Bahar, biasanya kapal tiba pukul 05.00 dengan waktu perjalanan 26 sampai 30 jam.

"Kapal berangkat dari Pelabuhan Marapokot, tanggal Kamis 30 Agustus pukul 02.00 dini hari, ETA (rencana waktu kedatangan) Jeneponto, Jumat 31 Agustus 2018 pukul 05.00 Wita," tuturnya.

Pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk mencari tahu keberadaan kapal.

"Kita sudah koordinasi dengan UPT Jampea dan UPT Selayar, selain itu kita juga telah berkoordinasi dengan pihak Basarnas," tuturnya seperti dikutip Tribun.

Beberapa keluarga ABK kapal saat ini panik menunggu kabar di sekitar Pelabuhan Bungeng.

Belum diketahui berapa jumlah ABK yang ikut dalam kapal dan jumlah ternak yang diangkut. Namun biasanya kapal mengangkut kerbau dan kuda hingga seratusan ekor lebih. (*)