» » » KM Sabuk Nusantara 80 Kapal Baru untuk Mobilitas Masyarakat Keppri

Jakarta, eMaritim.com - PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) –PELNI mendapat alokasi 15 kapal Sabuk Nusantara (Sanus) baru dari pemerintah. Penambahan armada baru ini untuk mengganti kapal lama dan untuk cadangan. PELNI sebelumnya mengoperasikan 46 kapal perintis tanpa kapal cadangan. Dengan penambahan 15 kapal baru, jumlah kapal perintis yang dioperasikan PELNI menjadi 51 termasuk kapal cadangan. 

Provinsi Kepulauan Riau (Keppri) sebagai wilayah terdepan Indonesia dan sebagain besar wilayahnya terdiri banyak pulau mendapat alokasi  1 kapal baru, Sanus 80. Sanus 80 merupakan kapal tipe 2000 GT untuk menggantikan KM. Sanus 39, kapal tipe 1200 GT. Kapasitas  angkut Sanus 80 dapat memuat 550 penumpang, sedangkan KM. Sanus 39 kapasitasnya 400 orang. 

Penggantian kapal tipe 1200 menjadi 2000 GT merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada warga Keppri untuk mobilitas antar pulau di Keppri. Dengan kapal baru tipe 2000 GT,  keselamatan dan pelayanan lebih terjamin. “KM. Sanus 80 akan dioperasikan mulai Senin (3/9) pukul 13.00 dari Tanjung Pinang ke Tambelan hingga Pontianak,” terang Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero) Ridwan Mandaliko di Jakarta, Jumat (31/8).

KM. Sanus 80, lanjut Ridwan  akan menjalani rute yang sama dengan KM. Sanus 39 dari Pontianak-Serasan-Subi-Ranai-Pulau Laut-Sedanau-Selat Lampa-Pulau Tiga- Midai-Tarempa-Kuala Maras-Tanjung Pinang. Wilayah Keppri mendapat alokasi 3 kapal perintis Sabuk Nusantara, Sanus 80, Sanus 62 dan Sanus 30. Rute  KM. Sanus 30 dari Tanjung Pinang-Kuala Maras-Tarempa-Midai-Pulau Tiga-Ranai-Subi-Serasan-Sintete-Tambelan-Tanjung Pinang.

Saat ini di Keppri beroperasi 4 kapal untuk  melayani warga pulau-pulau terdepan Indonesia. KM. Bukit Raya dari Jakarta-Blinyu-Tanjung Pinang-Letung-Tarempa-Natuna-Midai-Serasan-Pontianak-Blinyu-Jakarta. Sedangkan 3 kapal lainnya  merupakan kapal perintis berkapasitas masing-masing Sanus 80 sebanyak 550 penumpang.  Sanus 62 sebanyak 400 penumpang dan Sanus 30 kapasitasnya 265 penumpang. “Ada 4 kapal termasuk Bukit Raya melayani warga di  Kepulauan Riau dan pulau-pulau sekitarnya yang dikenal dengan pulau tujuh,” tutup Ridwan.(*)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments
close
Banner iklan disini