Kasus Pencurian Ikan : Satu Lagi Kapal Asing dari Thailand akan Ditenggelamkan -->

Iklan Semua Halaman

Kasus Pencurian Ikan : Satu Lagi Kapal Asing dari Thailand akan Ditenggelamkan

Pulo Lasman Simanjuntak
08 Desember 2014
Jakarta, eMaritim.Com,-Pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo gencar menenggelamkan kapal ikan dari negara tetangga yang kedapatan mencuri ikan di perairan Indonesia. Kali ini giliran Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiasti yang akan menenggelamkan kapal asing.

Menurut Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Asep Burhanuddin, pihaknya akan menenggelamkan satu kapal asing asal Thailand. Rencana itu akan dilakukan pekan depan di Batam. 

Mengutip dari website tempo.co di Jakarta, Senin (8/12/2014), penenggelaman kapal berlanjut setelah sebelumnya tiga kapal asing asal Vietnam di Anambas, Kepualauan Riau, ditenggelamkan pada Jumat, 5 Desember 2014.

 "Ada satu kapal asal Thailand dengan bobot lebih dari 101 Gross Ton (GT) yang akan ditenggelamkan," kata Asep. Kapal tersebut ditangkap pada 30 Oktober 2014.

Sebelumnya, Menteri Susi sudah menyatakaan bahwa pihaknya akan menenggelamkan kembali kapal asing yang dilakukan diperairan Batam. "Minggu depan akan ada yag ditenggelaman lagi," ujar Susi, Jumat, 5 Desember 2014.

Adapun selama kurun 2007-2012, kata Asep, kementeriannya sudah menenggelamkan 38 kapal asing. Rinciannya, 33 kapal ditenggelamkan dan 5 unit tenggelam lantaran kapal mengalami masalah.(lasman simanjuntak)