2016, Pelni Siapkan Paket Tur Gerhana Matahari Total -->

Iklan Semua Halaman

2016, Pelni Siapkan Paket Tur Gerhana Matahari Total

Pulo Lasman Simanjuntak
04 Januari 2015

Seperti yang dilansir dari Indonesia.Travel, belum lama ini, Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016, tepatnya pukul 08:58:19 WIB. Fenomena langka ini dapat disaksikan di sejumlah kota besar seperti Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Ternate dan Sofifi.

Sehubungan dengan akan terjadinya fenomena langka tersebut, tercatat ada beberapa biro perjalanan luar negeri yang sudah menyiapkan tur GMT ke Indonesia, di antaranya Astro Trails dan Sky and Telescope.

Sementara itu, PT. Pelni juga mengabarkan bahwa setidaknya ada 4 cruises yang sudah mendaftarkan diri melintasi Indonesia pada tanggal tersebut, yaitu: Orion Cruise milik National Geographic, Caledonian Cruise, Coral Princess Cruise dan Peter Deilmaaan Cruise. Daerah yang dipilih menjadi start antara lain Banda Aceh dan Kumai di Kalimantan Tengah, lalu berlayar menuju Selat Makasar hingga ke Pulau Halmahera.

"Kami juga menyediakan paket tur GMT untuk masyarakat Indonesia yang ingin menyaksikannya, ada Kapal KM Lawit (100 pax) yang berlayar ke Bangka Belitung, Kapal KM Dorolonda (300 pax) dan Nyapulu (200 pax) yang berlayar ke Palu, serta Kapal KM Dorolonda (3.000 pax) dan Lambelu (2.000 pax) ke Ternate," jelas Budi Santoso, Senior Manager PELNI Shipping Agencies pada Seminar "Discover Indonesia's Solar Eclipse 2016" di Jakarta, belum lama ini

Lebih lanjut, PATA Indonesia Chapter (PIC) sebagai bagian dari badan promosi wisata dunia, melihat GMT mampu membantu meningkatkan potensi wisata daerah karena fenomena ini bisa disaksikan. Oleh sebab itu, PIC melalui kerjasama dengan sejumlah pihak seperti Kementerian Pariwisata dan daerah ikut andil dalam mempromosikan GMT.

"Ini adalah kick off PATA Indonesia untuk mengajak pihak-pihak lain untuk aware dengan solar eclipse (GMT), kami mengundang daerah-daerah untuk bisa mempersiapkan ini dan merancang program bersama, mungkin nanti akan ada pemecahan rekor pada saat gerhana berlangsung," kata Poernomo Siswoprasetijo, President PATA Indonesia Chapter.(jhonnie castro)