Soal Blok Mahakam : Pemerintah Sudah Fasilitasi Pertemuan Pertamina- Total E&P Indonesie -->

Iklan Semua Halaman

Soal Blok Mahakam : Pemerintah Sudah Fasilitasi Pertemuan Pertamina- Total E&P Indonesie

Pulo Lasman Simanjuntak
30 Januari 2015
Jakarta,eMaritim.Com,-  Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, pengelolaan Blok Mahakam setelah 2017 akan diteruskan PT Pertamina (Persero).

"Soal Blok Mahakam, sudah sering disampaikan kecenderungannya bahwa Pertamina akan teruskan blok ini," katanya di Jakarta, ditulis Kamis (28/1/2015).

Menurut dia, pemerintah juga sudah memfasilitasi pertemuan antara Pertamina dengan pengelola saat ini, Total E&P Indonesie. Tujuannya, agar Pertamina bersiap sekaligus transfer informasi. Dirinya juga meminta agar Pertamina proaktif dan menyiapkan diri termasuk ketersediaan pendanaan. Pemerintah juga memberikan kesempatan pemda ikut serta.

"Kami sudah bertemu pemda dan DPRD. Intinya, ingin fasilitasi agar pemda punya partisipasi di sana," katanya seperti dikutip dari kantor berita antara dan Aktual.co di Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Namun demikian, Sudirman meminta agar pemda tidak menjadi alat bagi kepentingan swasta (fronting). Jadi, Pemda harus punya kemampuan keuangan juga.

Di luar itu, menurut Sudirman, pertukaran aset antara Pertamina dan Total juga bisa menjadi opsi. Saat ini, Pertamina sedang menyiapkan proposal pengelolaan Blok Mahakam pasca-2017. Pertamina sudah menyatakan kesiapan mengelola 100 persen Blok Mahakam. Pemerintah berharap Pertamina sudah bisa menyampaikan proposal pada Januari 2015 untuk kemudian diputuskan pada Februari 2015.

Perusahaan migas asal Perancis, Total sebagai operator Mahakam, menguasai 50 persen hak partisipasi. Sementara, sisanya dimiliki Inpex Corporation asal Jepang. Kontrak kerja sama Mahakam dengan Total akan berakhir pada 2017 setelah berjalan 50 tahun.(pulo lasman simanjuntak)