Pelayaran di Wilayah Perairan Papua dan Papua Barat Bersiap Hadapi Gelombang Laut Empat Meter -->

Iklan Semua Halaman

Pelayaran di Wilayah Perairan Papua dan Papua Barat Bersiap Hadapi Gelombang Laut Empat Meter

Pulo Lasman Simanjuntak
13 Maret 2015
Sentani,eMaritim.Com,-Pelayaran di wilayah perairan Papua dan Papua Barat bersiap hadapi gelombang ombak setinggi tiga sampai empat meter setelah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  Wilayah V Jayapura mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem yang akan melanda kedua wilayah perairan ini beberapa hari ke depan.

Data yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura, Rabu (11/3/2O15) seperti diberitakan HU.Kompas, Kamis (12/3/2O15), menyebutkan ketinggian mencapai 4 meter terjadi di wilayah Raja Ampat, Sorong, Samudera Pasifik Utara Jayapura, serta perairan Jayapura Sarmi dan Laut Arafura Bagian Timur.

Sementara ketinggian gelombang mencapai tiga meter berpeluang terjadi di Samudera Pasifik Utara Papua Barat, perairan Fakfak Kaimana, perairan Utara Monokwari, perairan Merauke, perairan Agats, Amamapare, dan Teluk Cenderawasih.

"Kami mengeluarkan peringatan khusus bagi masyarakat yang menyediakan transportasi dan nelayan agar tidak melaut.Kondisi cuaca ekstrem dihampir seluruh wilayah perairan di Papua," kata Kepala Subv bidang Pelayanan Jasa BMKG Jayapura, Zem Padama saat dihubungi dari Sentani, kabupaten Jayapura, Sabtu lalu.

"Bulan maret merupakan puncak musim hujan di Papua.Karena itu kondisi diperkirakan akab terjadi hingga akhir bulan," katanya.(siman/juntak)