Senior Papuan's Forum Dukung Menko Kemaritiman Bangun Kemaritiman di Tanah Papua -->

Iklan Semua Halaman

Senior Papuan's Forum Dukung Menko Kemaritiman Bangun Kemaritiman di Tanah Papua

Pulo Lasman Simanjuntak
16 Maret 2015
Jakarta,eMaritim.Com,-Tokoh-Tokoh Papua yang tergabung dalam Senior Papuan’s Forum (SPF) menyatakan dukungan kepada Menko Kemaritiman untuk bersama-sama membangun Kemaritiman di Tanah Papua.

Hal ini disampaikan SPF saat bertemu Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo, di Jakarta, Jumat (13/3/2015) seperti siaran pers yang disampaikan kepada redaksi eMaritim.Com di Jakarta, Senin (16/3/2015).

. Tokoh Tokoh Papua, terdiri: Laksdya (Purn) Freddy Numberi, mantan Dubes Michael Menufandu, mantan Dubes Theo Waimuri, Mantan Menteri Manuel Kaisepo, mantan Rektor Unchen August Kafiar dan Senior Advisor SPF Frits Kirihio.

Beberapa kegiatan bidang kemaritiman yang akan mendapatkan dukungan penuh SPF antara lain Program Ekspedisi Nusantara Jaya 2015, yang akan dimulai pada Juni 2015 dalam rangka menyambangi pulau pulau terluar di Papua, juga menggelar Operasi Bhakti dan Operasi Kesehatan.

Disamping itu, Menko Kemaritiman juga menyampaikan rencana pembangunan kawasan ekonomi terpadu (KEK) Sorong, yang merupakan bagian dari Program Tol Laut Presiden Jokowi melalui pembangunan dermaga, galangan kapal, kawasan industri perikanan, kayu dan kelapa sawit, serta kawasan wisata bahari Raja Ampat.

Disamping itu pula, konservasi terumbu karang di kawasan Raja Ampat perlu terus dijalankan dalam lingkup Coral Triangle Initiative (CTI). Menko Kemaritiman dan SPF juga sepakat untuk meningkatkan program pendidikan dan pelatihan kemaritiman di Papua.

Menko Kemaritiman juga mendukung rencana peringatan Hari Integrasi Nasional di Papua, yang akan berlangsung 1 Mei 2015, yang merupakan peringatan berakhirnya kehadiran PBB di Papua pada 1 Mei 1963 dan Papua bergabung secara penuh dalam pangkuan Ibu Pertiwi.(pulo lasman simanjuntak)