Pertemuan Ahli Kemaritiman Indonesia-Jerman Hasilkan Tujuh Program Kerja Sama Segera Direalisasikan -->

Iklan Semua Halaman

Pertemuan Ahli Kemaritiman Indonesia-Jerman Hasilkan Tujuh Program Kerja Sama Segera Direalisasikan

Pulo Lasman Simanjuntak
09 April 2015
Jakarta,eMaritim.Com,-Pertemuan antara ahli-ahli Kemaritiman Indonesia-Jerman berlangsung di Jakarta, Selasa 7 April 2015, dan membuahkan tujuh program kerjasama yang segera direalisasikan. 
 Delegasi Jerman yang dipimpin Direktur Pusat Ekologi Marin Tropis, Bremen (ZMT-Bremen) Hildegard Wesphal, didampingi Duta Besar Jerman untuk Indonesia, HE.Georg Witschel menyampaikan kepada Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo.
 Program- program yang disepakati untuk dilaksanakan bersama ahli ahli Indonesia, antara lain ekspedisi laut internasional Samudera Hindia, industri rumput laut, energi listrik dari arus laut, pemantauan terumbu karang, pembangunan Marine Techno-Park, program rintisan perikanan pesisir dan perikanan budidaya multi-tropik.

Demikian dijelaskan Shahandra Hanitiyo, S.IP, M.Si Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas),Biro Informasi dan Hukum, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI, kepada wartawan  eMaritim.Com di Jakarta, Kamis pagi (9/4/2015).

Menurutnya, Menko Kemaritiman menyambut baik rencana kerjasama diatas dan mengharapkan agar hasilnya dapat segera diimplementasikan untuk pembangunan kemaritiman di Indonesia. 


  Ia mencontohkan, program pengembangan listrik dari aarus laut dapat segera diimplementasikan di pulau terluar dengan harga listrik per-KWh kompetitif. 
Indroyono juga mengundang para ahli-ahli kelautan Jerman untuk, bersama ahli ahli kelautan Indonesia, memaparkan hasil-hasil kerjasamanya di Paviliun Indonesia World Expo Milan 2015, Italia, yang akan berlangsung 1 Mei – 31 Oktober 2015 yang akan datang.
ZMT-Bremen telah bekerjasama dengan Indonesia di bidang kelautan sejak tahun 1998.  Beberapa hasil kerjasama, antara lain, pembangunan sistem peringatan dini tsunami di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta kehadiran 40 ahli kelautan Indonesia bergelar master dan doktor lulusan Universitas-Universitas di Jerman. (pulo lasman simanjuntak)


Teks  Foto: Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, didampingi Prof. Hildegard Wesphal , Dubes Jerman HE. Georg Witschel  dan para delegasi. 


Foto-foto :  Efrimal.B-Humas Kemenko Kemaritiman