Dirjen Perhubungan Laut Bobby R Mamahit Apresiasi Rencana Pelindo II Revitalisasi Pelabuhan Cirebon -->

Iklan Semua Halaman

Dirjen Perhubungan Laut Bobby R Mamahit Apresiasi Rencana Pelindo II Revitalisasi Pelabuhan Cirebon

Pulo Lasman Simanjuntak
11 Mei 2015

Jakarta,eMaritim.Com,-Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R. Mamahit mengapresiasi rencana PT Pelindo II yang akan merevitalisasi Pelabuhan Cirebon dengan investasi hingga Rp 1,2 triliun. 
Namun demikian, Ia menilai eksistensi Pelabuhan Cirebon tidak serta-merta bisa menggantikan peran Pelabuhan Cilamaya.
"Pertumbuhan industri itu kan sangat tinggi di kawasan Cikarang dan Karawang. Tentunya, kita masih akan upayakan agar lokasi pelabuhan tidak bergeser jauh dari wilayah demand industri. Kalau sampai Cirebon kan juga sudah terlampau jauh dong," katanya, Sabtu (9/5/2015) seperti dikutip dari www.dephub.go.id, Senin sore (11/5/2015).

Menurut Bobby, pihaknya memang tengah melakukan feasibility study (FS) atas lokasi pengganti Cilamaya yang dipastikan akan bergeser ke arah timur dari sebelumnya. 

Terdapat empat sampai enam lokasi yang akan menjadi fokus studi ulang, dengan biaya FS yang dianggarkan sekitar Rp 25 miliar.

"Kita targetkan akan lebih cepat selesai, tidak sampai dua-tahun. Semoga 3-4 bulan ke depan tuntas, karena ini kan juga sudah diinstruksikan oleh Wapres Jusuf Kalla", katanya.

Walaupun harus memulai studi baru, Kementerian Perhubungan berjanji akan mengusahakan pembangunan pelabuhan mulai pada tahun 2017 atau paling lama tahun 2018.

Bobby berharap, seluruh pihak melihat kebutuhan pembangunan pelabuhan Cilamaya ini sebagai bagian dari pengembangan pelabuhan Tanjung Priok, bukan pesaingnya. (pulo lasman simanjuntak)