Dorong Maritim Indonesia, Pelindo III Fokus Peningkatan SDM -->

Iklan Semua Halaman

Dorong Maritim Indonesia, Pelindo III Fokus Peningkatan SDM

Pulo Lasman Simanjuntak
13 Mei 2015
Jakarta ,eMaritim.Com,- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mengungkapkan, pelatihan serta pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang maritim sangat penting untuk mendukung pengembangan potensi maritim Indonesia di masa-masa mendatang.

"SDM maritim perlu ditingkatkan karena penting sekali pendidikan, dan pelatihan. Jangan hanya pikirkan maritimnya tapi pikirkan (juga) SDM-nya. SDM logistik maupun ke pelabuhan masih rendah," kata Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto, di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Selasa (12/5/2015) seperti dikutip dari www.pelindo.co.id, Rabu siang (13/5/2015).

Toto menambahkan, untuk meningkatkan SDM tersebut Pelindo III selalu memberikan beasiswa ke luar negeri.

 "Sudah ada 90 orang yang kita kirim ke Eropa seperti di Belanda, Inggris, Swedia, dan Prancis. Tahun ini ada 30 orang yang ke Asia seperti di Jepang, Korea Selatan, dan Hong Kong," lanjut dia.

Selain itu, lanjut Toto, Pelindo III juga merekrut putra-putri terbaik dari tujuh provinsi di 43 pelabuhan. Sekira 60 orang di angkatan pertama diberikan pendidikan di sekolah pelabuhan yang ada di Semarang dan Surabaya, setelah itu akan disebar ke pelabuhan lainnya.

"Harapan kita dengan belajar di sana dia bisa kembali ke daerahnya. Karena kalau tidak seperti itu nanti dikuasai yang dari Pulau Jawa. Tahun ini angkatan ke-2," terangnya.

Toto menjelaskan, Pelindo III sendiri telah menganggarkan dana sektiar Rp50 miliar per tahunnya untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat).

"Invest untuk diklat kita Rp50 miliar per tahun. Tentunya tahun ke tahun akan meningkat," pungkas dia.(juntak/siman)