KKP Tambah Empat Armada Kapal Pengawas -->

Iklan Semua Halaman

KKP Tambah Empat Armada Kapal Pengawas

Pulo Lasman Simanjuntak
09 April 2016


kapal 

Jakarta, eMaritim.Com,-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) menambah empat armada Kapal Pengawas (KP).

Armada tersebut dilengkapi dengan Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI) yakni ORCA 01, ORCA 02, ORCA 03 dan ORCA 04.

Tujuan utama KKP menambah empat kapal untuk memperkuat infrastruktur pengawasan.

Dalam hal ini wujud komitmen KKP dalam memberantas illegal fishing di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP-NRI) guna mewujudkan kedaulatan negara di laut.

“Penambahan kapal pengawas ini untuk menekan kerugian negara akibat pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan secara ilegal, terutama yang dilakukan oleh kapal-kapal perikanan asing,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, di  Jakarta (8/4/2016).

Menteri Susi menambahkan, kapal yang diproduksi oleh galangan dalam negeri tersebut dibuat dari material besi baja dan memiliki ukuran panjang 60 meter, dengan kecepatan 25 knot.

Kapal-kapaltersebut akan dioperasikan di wilayah barat dan di wilayah timur, masing-masing dua kapal.(**/lasman simanjuntak)
sumber berita dan foto : tribunnews.com/9/4/2016